Buat kamu penggemar film seri The Hunger Games, tentu hapal dengan kota bawah tanah di distrik 13 dalam Hunger Games: Mockingjay â?? Part 1. Nah, kota ini ada di dunia nyata. Di atasnya bukan kota mati layaknya film yang dibintangi Jennifer Lawrance ini, melainkan hamparan pasir yang gersang.

Kota tersebut bernama Coober Pedy, sebuah kota kecil di utara Australia Selatan, terletak 850 kilometer di utara Adelaide di Stuart Highway. Ketika kamu melintas ke daerah Selatan Australia, akan ada papan nama menyambut, bertuliskan “Welcome to Coober Pedy”.

Daerah Coober Pedy terkenal dengan penghasil batu mulia dan batu akik, Opal yang ditemukan pertama kali 1 February 1915. Sejak itu, batu mulia opal dari Coober Pedy semakin terseohor ke seluruh penjuru dunia. Batu opal Coober Pedy terkenal khas dan unik. Batunya berwarna-warni, dan mengilat, seperti pelangi.

Kota Coober Pedy ditemukan pada tahun 1915 oleh seorang remaja bernama Willie Hutchinson yang secara tidak sengaja menemukan beberapa bongkah batu akik jenis opal saat berjalan di kawasan pedalaman Australia selatan.

Bersama sang ayah, Hutchinson awalnya ingin mencari tambang emas. Ternyata bukan emas yang mereka temukan, tapi batu opal berwarna sangat indah yang terkubur di dalam tanah. Sejak saat itu mereka mulai membuat kamar di bawah tanah.

Seiring perkembangan zaman, kini Coober Pedy berkembang menjadi satu tempat yang paling unik di Australia, bahkan mungkin dunia. Kota kosmopolitan kecil yang dihuni sekitar 3.500 jiwa, dengan lebih dari 45 kewarganegaraan.

Saat kamu menginjakan kaki di kawasan ini, kamu tidak akan menyangka kalau kota ini berada di dalam tanah, di bawah gurun yang sangat panas. Ajaib memang, tapi fasilitas yang ada di kota ini tak kalah dengan kota yang berada di atas tanah.

Terdapat gua yang luas dan terowongan yang disebut dugouts ini penduduk membangun rumah, hotel, restoran, bar, gereja dan banyak lainnya. Keren kan? Pintu masuk biasanya di jalan tingkat, dan ruang memanjang ke arah bukit. Semua ruang berventilasi dengan sebuah lubang di atas, menjaga suhu tetap teratur.

Biar kamu makin jatuh cinta dan tertarik berkunjung ke kota cantik ini, simak yuk foto-fotonya di bawah ini.