Setelah meluncurkan album ke-tiganya “Sinestesia” pada pertengahan Desember 2015 lalu, Efek Rumah Kaca siap untuk melepas satu single baru berjudul “Merdeka”. Lagu ini nantinya tersedia dan dapat dibeli di iTunes mulai tanggal 12 Agustus.

Lagu yang kental semangat kemerdekaan ini memang secara khusus dirilis oleh Efek Rumah Kaca alias ERK dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus nanti.

Sedikit fakta, lagu “Merdeka” ini adalah materi lama yang ditulis tahun 2006 dan belum pernah direkam sebelumnya. Bersamaan dengan kompetisi video pendidikan yang diadakan oleh inibudi.org, Efek Rumah Kaca merampungkan materi ini dan masuk studio untuk merekam lagu ini pada bulan Maret 2016 silam, dengan aransemen yang digarap ulang.

Efek Rumah Kaca (Rollingstone)
Efek Rumah Kaca (Rollingstone)

“Struktur penulisan lagunya bisa dibilang kembali kepada struktur awal musik ERK yang ‘pendek dan langsung’ jika dibandingkan dengan pola penulisan lagu pada album Sinestesia yang cenderung panjang dan penuh secara komposisi, ” jelas vokalis Cholil Mahmud, seperti dikutip dari Malesbangetcom, Senin (15/8/2016).

â??Walaupun kembali kepada struktur awal yang ‘pendek dan langsung’, ada beberapa hal yang kami rasa belum pernah kami lakukan pada lagu-lagu ERK sebelumnya, yaitu departemen vokal yang sepenuhnya diambil alih oleh Adrian, suara trompet dan trombon yang cukup dominan, serta koor pada akhir lagu. Dengan demikian, lagu ini, menurut kami, bukanlah sekadar pengulangan dari karya-karya kami terdahulu,â? lanjutnya.

Soal lirik lagu, Adrian Yunan berkomentar bahwa lagu “Merdeka” ini adalah upaya ERK untuk merenungkan kembali makna kemerdekaan yang kita miliki. “Apakah kita sudah benar-benar merdeka? Apakah kemerdekaan kita sudah menghargai kemerdekaan orang atau bangsa lain? Apakah kemerdekaan ini sudah membawa kita pada keadaan atau situasi yang memanusiakan manusia?â? tukas Adrian.

Bersamaan dengan peluncuran single â??Merdekaâ?, ERK juga merilis video musiknya yang bekerja sama dengan Anton Ismael, fotografer handal yang juga pendiri sekolah fotografi Kelas Pagi. Mas Anton menerjemahkan lagu â??Merdekaâ? menjadi kerinduan untuk kembali ke alam bebas. Di sela-sela mengajar Kelas Pagi Papua, Anton bersama rekan-rekannya menyempatkan diri untuk mengambil gambar di berbagai wilayah di Papua untuk kemudian bakal dijadikan video musik ERK yang keren.

Efek Rumah Kaca (Kompas)
Efek Rumah Kaca (Kompas)

Sehubungan dengan itu, melalui â??Merdekaâ?, ERK ingin mengajak masyarakat untuk turut berdonasi dengan membeli lagu â??Merdekaâ? di iTunes dimana seluruh penjualannya akan didonasikan untuk membantu mengirimkan tenaga pengajar di Papua.

Peluncuran single ini juga terasa spesial karena menandai bergabungnya Poppie Airil sebagai anggota keempat ERK. Sejak 2012 silam, Poppie menjadi additional ERK untuk menggantikan posisi Adrian.

Kamu bisa tonton video klipnya berikut ini.

(tom)