Drone Tanpa Baling-baling Pertama di Dunia Ciptaan Pemuda Indonesia


Mendengar istilah drone, yang terpikirkan adalah sebuah alat yang dikendalikan dengan remote control dan dapat terbang karena dilengkapi dengan baling-baling. Namun bagaimana jadinya bila sebuah drone terbang tanpa menggunakan baling-baling? Walaupun terdengar mustahil, namun impian tersebut berusaha diwujudkan oleh salah satu anak muda Indonesia.

Muhammad Rizqy Fauzan (18), nama dari inovator muda tersebut. Ia menceritakan kisahnya dalam usaha mengembangkan drone pertama di dunia yang dapat terbang tanpa menggunakan baling-baling. Sejauh ini, drone tersebut masih berupa prototipe.

Untuk mewujudkan drone tanpa baling-baling tersebut, ia mengaku terinspirasi dari konsep “Dyson Air Multiplier”. Konsep ini memungkinkan udara dapat tersedot tanpa perlu bantuan baling-baling.

Drone tanpa baling-baling (Okezone)
Drone tanpa baling-baling (Okezone)

“Simpelnya, udara diambil dari bawah melalui sebuah tabung. Lalu dialirkan ke empat lubang yang berfungsi menerbangkan drone. Hal ini juga berkaitan dengan hukum fisika Bernoulli,” ujarnya penuh semangat, seperti dikutip dari Okezonecom, Senin (15/8/2016).

Hukum Bernoulli sendiri menjelaskan bahwa peningkatan kecepatan pada suatu aliran zat cair atau gas akan mengakibatkan penurunan tekanan pada zat cair atau gas tersebut. Hukum itulah yang coba diterapkan olehnya di dalam drone ciptaannya.

Sejauh ini, Rizqy mengaku percobaan drone ini masih sebatas di area Software. Kini, ia masih berusaha agar drone ini dapat menjalani percobaan terbang. “Saya masih cari material terbaik agar drone ini dapat lancar terbang di langit. Saya juga sedang mengurus patennya,” jelasnya.

Semoga drone ciptaannya bisa segera jadi, dan dipatenkan. Dengan demikian, salah satu pemuda Indonesia ini akan tercatat sejarah sebagai penemu drone tanpa baling-baling pertama di dunia, dan Indonesia akan mendapatkan perhatian di mata dunia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak