Kasus penindasan atau bullying tengah menjadi sorotan beberapa tahun belakangan. Kejahatan bullying merupakan tindakan yang sangat berbahaya, karena membawa dampak traumatik luar biasa pada korbannya.

Bentuk penindasan sangat beragam, mulai yang paling ringan berupa intimidasi atau teror perkataan, hingga penyiksaan secara fisik. Belakangan, bullying juga mulai marak dilakukan melalui media sosial (cyber-bullying).

Begitu traumanya, tak sedikit korban yang memilih mengakhiri hidupnya, karena tak tahan dengan perlakuan bullying. Namun, di antara yang menyerah pada hidup, banyak pula yang memilih bangkit dan melepaskan ‘citra’ buruknya menjadi lebih baik.

Seperti 5 wanita ini. Di masa lalu, mereka kerap dihina, diasingkan hingga diperlakukan kasar oleh teman-temannya, tak tahan atas perlakukan kasar terhadapnya, mereka pun memutuskan untuk balas dendam. Bukan balas dendam dengan tindakan kotor, namun mereka memilih jalan memperbaiki diri mereka. Alhasil kini menjadi jauh lebih cantik. Siapa saja mereka?

1. Merilee Allred

squarespace.com

Merilee Allred pernah menjadi korban bullying. Dulunya, Merliee diejek sebagai ‘Queen of the Nerds’ atau ratunya kutu buku. Ia merasa selalu salah jika melakukan sesuatu hingga ia kesulitan mencari teman.

Namun, alih-alih memendam luka batinnya di masa lalu, Merilee berusaha mengeluarkan emosi itu. Ia yang dulu rendah diri lambat laun bisa menjadi mencintai diri sendiri hingga bisa menginspirasi orang lain. Kini wanita itu sukses menjadi desainer grafis dan fotografer.

2. Tanya Rybakova

metro.uk

Saat remaja, Tanya Rybakova berbadan gemuk dengan bobot 107 kg. Rybakova kerap mendapat cibiran oleh teman-temannya dan menjadi korban bullying di media sosial. Aksi bullying yang diterimanya begitu buruk hingga dia selalu menangis setiap pulang dari sekolah dan tidak mau kembali lagi.

Namun, ia bangkit dan bertekad untuk menurunkan berat badan. Hasilnya luar biasa! Kini ia berubah dari tubuh gemuk menjadi gadis cantik berbodi seksi. Tak hanya itu, wanita Rusia ini pun sukses menjadi seorang blogger pertama yang mempublikasikan video rahasia memiliki tubuh seksi di YouTube. Sejak itu dia menjadi sensasi di dunia maya setelah kanalnya memiliki ratusan ribu subscriber.

3. Yessinta Winarto

newshub.id

Kisah kali ini datang dari dalam negeri. Yessinta Winarto terlahir gemuk, bobot tubuhnya mencapai 111 kg saat remaja. Tak ayal, berbagai julukan seperti gajah, lemak, babi dan  hinaan mengerikan lainnya, disematkan terhadap dirinya kemana pun ia pergi.

Segala perjuangan pun dilakukan agar ia berubah menjadi kurus. Alhasil, dalam kurun waktu 6 bulan bobot seberat 51 kg tersebut berhasil ia singkirkan. Tak hanya itu, Yessinta yang sebelumnya memiliki ukuran pakaian XXXXL, kini berhasil berubah menjadi ukuran S. Bahkan, Yessinta pun berhasil membuat semua temannya terkejut dengan bentuk tubuh barunya. Ia dulunya dicibir gemuk kini jadi langsing layaknya seorang model.

4. Tammin Sursok 

scahw.com.au

Kala ia remaja, ia kelebihan berat badan. Karena tubuhnya ini, ia harus menghabiskan sebagian besar masa remajanya dengan berbagai ditindas karena itu. Terlebih, ia bukanlah gadis populer dan kerap kali tak dianggap.

Namun, kini ia telah berubah menjadi selebritis papan atas. Hampir semua orang mengenal siapa itu itu Tammin Sursok. Dia berpesan bahwa jangan biarkan kata orang lain memberikan nilai diri terhadap dirimu. Hanya butuh waktu lama untuk mencintai diri sendiri.

5. Safiya Ezzati

liputan6.com

Bukan hal aneh bagi gadis asal Malaysia ini mendapat perlakukan kasar, hinaan dan tertawaan dari banyak orang karena tubuhnya yang gendut dan kulit gelapnya. Meski sakit hati, namun Safiya memilih diam dan tak menanggapi hinaan dan cacian tersebut.

Diam bukan berarti ia tidak punya tujuan, justru cercaan tersebut dia endapkan di dalam hati, dan dijadikan sebagai motivasi untuk berubah dan memperbaiki penampilannya. Kini ia berubah menjadi gadis cantik berhijab dan menjadi pengusaha dalam bidang kecantikan.