Ilustrasi Polisi

Tugas seorang polisi sebagai Pelayan masyarakat. Sayangnya akibat ulah beberapa oknum penegak hukum ini, citranya sering tercoreng dan dianggap sama rata buruknya. Apalagi kini bisa dikatakan bahwa sangat langka dapat menemukan polisi-polisi baik, jujur dan dapat dijadikan teladan serta inspirasi bagi semua orang.

Meski demikian, ternyata masih ada beberapa polisi berhati emas yang menjalankan tugas dengan jujur. Kisah mereka pun layak jadikan inspirasi oleh polisi lainnya maupun masyarakat biasa. Siapa saja mereka? Berikut ini 5 polisi baik yang penuh inspirasi.

1Suryawan Fadlin

gagasanriau.com

Suryawan Fadlin bertugas jauh dipelosok Kepulauan Riau, tepatnya di Desa Kuala Gaung, Kabupaten Inhil. Kisah Bripka Suryawan ini cukup membuat orang terenyuh. Bagaimana tidak, selain menjadi pelindung dan pengayom masyarakat, polisi berpangkat Bripka ini juga hadir sebagai pengajar suka rela bagi masyarakat kampung yang kebanyakan buta aksara.

Dilansir dari goriau.com, Suryawan rela berkeliling kampung dengan berjalan kaki untuk mendatangi rumah warga demi mengajarkan baca tulis. Sebab, banyak diantara masyarakat di sana yang sampai kini masih buta aksara. Bermodalkan dengkul dan tekad besar, polisi tersebut sudah melakoni tugas mulia sebagai pengajar sejak satu tahun belakangan.

2Seladi

mbigroup.co.id

Bripka Seladi merupakan anggota polisi di Polres Malang Kota yang dikenal sebagai polisi jujur karena tidak pernah menyalahgunakan jabatannya. Beberapa waktu lalu namanya jadi perbincangan lantaran pekerjaan ganda yang dilakoninya selama  delapan tahun, yakni menjadi polisi dan pengumpul sampah. Menariknya, pekerjaan sampingan yang dilakukan Seladi bukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi panggilan sosial di dalam batinnya.

Tak hanya itu, dikutip dari kompas.com, Seladi selalu memberikan bimbingan kepada para pemulung di kota tempat tinggalnya tersebut. Ia meminta supaya para pemulung tidak terpengaruh pekerjaan buruk dan berpesan agar mereka tidak terlibat dalam transaksi narkoba, baik sebagai pemakai, pecandu, atau bahkan pengedar narkoba. Bripka Seladi merupakan sosok inspiratif yang patut dicontoh oleh seluruh anggota kepolisian RI karena mengajarkan kejujuran.

3Agus Setyoko

blogspot.com

AKBP Agus Setyoko, seorang polisi yang pernah menjabat sebagai Kapolres di Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Di mata masyarakat Ketapang dan Kayong Utara, sosok Agus layak dianggap sebagai polisi yang luar biasa. Walaupun saat itu menjabat sebagai Kapolres, akan tetapi setiap hari dia berangkat dan pulang kerja mengendarai sepeda onthel miliknya.

Selain itu, sepak terjangnya dalam melawan mafia-mafia di daerah tersebut juga patut diacungi jempol. Kerap kali dia menolak sogokan yang diberikan pihak tertentu untuk memuluskan suatu tender atau proyek. Tidak hanya itu saja, dalam masa jabatan singkat tersebut Agus Setyoko juga memerangi ilegal logging, membereskan oknum-oknum nakal di instansinya sampai dengan mengawasi secara ketat penyaluran BBM.

4Rochmat Tri Marwoto

kapanlagi.com

Sejak 2007, Brigadir Rochmat telah mengasuh anak yang kurang beruntung agar mereka semua bisa sekolah dan sukses. Total sudah ada 50 anak lebih yang ia biayai, setidaknya hingga tamat SMK bahkan ada pula yang sarjana.

Rochmat berserta istrinya, Helmiyah merawat dan mendidik mereka layaknya anak mereka sendiri. Segala kebutuhannya juga dicukupi. Dulu sewaktu ditugaskan di Jakarta, dia bahkan menyambi menjadi tukang ojek. Selepas dinas pukul 15.00 WIB dirinya langsung ngojek hingga pukul 21.00. Saat ini sudah banyak anak didik Rochmat yang menjadi orang sukses. Ada yang menjadi guru, kepala sekolah, bahkan ada yang mengikuti jejaknya sebagai polisi.

5Asep Guntur Rahayu

kompasiana.com

Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu benar-benar menjadi polisi pengayom masyarakat. Sikap sosialnya yang tinggi banyak dipuji masyarakat dan diharapkan bisa menjadi teladan bagi setiap orang. Warga Desa Sukasari khususnya warga Kabupaten Cianjur, merasa bangga memiliki sosok pengayom masyarakat yang begitu peduli terhadap warganya.

Kapolres yang berasal dari Majalengka ini tergerak hatinya melihat kondisi salah satu warga Cianjur, Andun Suherman yang hidup serba kekurangan dan tinggal di sebuah gubuk yang sudah reyot, sampai merebus batu agar mendiamkan tangisan kelaparan anak-anaknya. Bersama dengan beberapa donatur Pak Asep merombak tempat tinggal keluarga miskin itu. Asep juga meminta warga yang lahannya ditumpangi memberikan secara cuma-cuma. Sebagai gantinya Pak Asep membuat sertifikasi hak milik untuk tanah tersebut.