Siapa yang tak kenal dengan satu penyanyi ini. Sebuah nama yang tak asing lagi di blantika musik indonesia, ia telah menjadi salah satu musisi papan atas sejak umur 19 tahun dan memiliki studio rekaman sendiri di Bali.  Anggun sapa warga Internasional atas kecintaannya terhadap penyanyi yang memiliki suara tiga oktaf  ini. Kehidupan di Indonesia ia tinggalkan untuk mendapatkan sebuah mimpi yang cemerlang , mimpi yang sama di miliki setiap manusia untuk menjadi lebih baik dan dapat membuat bangga tanah air dan orang-orang terdekatnya.

Sejak  keputusannya meninggalkan indonesia pada tahun 1994 ia mengambil sebuah resiko yang teramat besar, hanya bermodalkan suara emasnya dan uang hasil penjualan studio rekaman ia hijrah ke London, Ingris . memang bukan suatu keputusan yang di ambil begitu saja untuk di tempuh atau hanya liburan semata .

Anggun konsisten atas apa mimpinya yaitu menjadi penyanyi kelas internasional. Perjuangan anggun bukan hanya untuk mencari label rekaman yang ingin menjual suara emasnya tetapi lingkup London dan indonesia sangatlah berbeda dan memaksa anggun untuk beradaptasi secepatnya dengan kultur dan budaya negara Bitania Raya ini. Setelah setahun menetap di sana ternyata respon positif belum juga di dapatkan oleh anggun pihak lebel belum tertarik dengan suara anggun. Dimana market Inggris pada saat itu sedang berkiblat pada era-nya boy band dan girl band.

“kamunya bagus, tapi dimana tiga atau dua teman kamu yang lainnya ?” ungkap anggun dalam salah satu wawancara televisi swasta indonesia.

Biaya hidup yang tinggi dan belum ada-nya respon positif  anggun memutar otak untuk menggapai mimpinya. Tetapi dengan begitu, banyaknya rintangan malah membuat Anggun semakin kuat atas cita-cita dan mimpinya. Akhirnya Anggun memutuskan hijra ke Paris , meski sempat untuk pergi ke Belanda, ia berfikir di sana memliki komunitas indonesia yang cukup banyak. akan tetapi ia terlalu jatuh cinta kepada Paris dan mengikuti negara suaminya,Michel Georgea. Awal kedatangan Anggun di Paris sama seperti hal kedatangannya di London, ia harus beradaptasi dengan budaya lokal yang sangat berbeda di tanah kelahirannya, indonesia.

Setelah perjuangannya, jatuh-bangunnya, dan pengumpulan serpihan-serpihan mimpinya. anggun bertemu salah satu produser besar di prancis yang telah menggarap beberapa artis kenamaan seperti Celine DionJean-Jacques Goldman dan Johnny Hallyday, Erick Benzy jatuh cinta terhadap jenis suara Anggun. Seiring berjalan-nya waktu Anggun telah berhasil menguasai bahasa Prancis dengan fasih.

Proses penggarapan album Anggun pun di mulai, Erick Benzi mencoba eksperimen luar biasanya yang akhirnya mengahasilkan jenis musik baru yakni romantik sensual dalam lagu ” “La neige au Sahara“. Sebuah kesuksesan besar menghampiri Anggun. Albumn pertamanya berhasil mengguncang permusikan Prancis dan seketika ia mendapatkan gelar artis papan atas di Prancis .hingga saat ini anggun masih turu di perbincangkan di seluruh dunia. Dan karakter musisi kelas dunia pun di perlihat kan oleh Anggun mulai dari pengeluaran album pertamanya yang fenomenal

berikut beberapa prestasi anggun yang di torehkan sejak 1994-2011 :

  1.  Album Snow on the Sahara berhasil terjual lebih dari 1,5 juta keping di seluruh dunia.
  2. Anggun juga tampil sebagai artis pendukung dalam tur konser beberapa artis seperti The Corrs dan Toni Braxton.
  3. Singel “Snow on the Sahara” mencapai posisi 16 diBillboard Hot Dance/Club Play.
  4. “The Cosmopolitan Asia Women Award”
  5. “The Women Inspire Award”.
  6. MIDEM Awards untuk menerima penghargaan prestisius, Diamond Award, yang diserahkan langsung oleh Menteri Kebudayaan Perancis.
  7.  “tre une femme” atau “In Your Mind“, telah dinobatkan sebagai Lagu Paling Populer Tahun 2004.
  8. Singel “Saviour” terpilih sebagai soundtrack dari film laris Transporter 2.
  9. Penghargaan prestisius “Chevalier des Arts et Lettres” dari pemerintah Perancis atas prestasi karier dan kontribusinya pada budaya Perancis di seluruh dunia.
  10.  Anugerah Musik Indonesia sebagai “Artis Internasional Terbaik”.
  11. “Marraine des Prix Micro-Environnement” (duta lingkungan hidup) oleh National Geographic Channel dan Kementrian Ekologi dan Pembangunan Berkelnjutan Perancis.
  12. Penghargaan “Le grand couer de l’annee” atas kontribusinya dalam sejumlah permasalahan sosial dan lingkungan hidup di Perancis.
  13. Anggun juga tampil di World Music Awards 2008 dengan membawakan lagu “No Stress” bersama DJ Laurent Wolf.
  14.  Sebagai duta organisasi pangan internasional Food and Agriculture Organization (FAO).
  15. Anggun kemudian juga didaulat oleh mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton sebagai juru bicara Healthy Water Fundraising Program.
  16. Juri dalam kontes kecantikan Miss France 2009.
  17. sebagai juru bicara PBB dalam mikro kreditAnggun tidak pernah melebarkan sayap kariernya ke bidang lain di luar musik.

Saat menggelar promosi album internasional pertamanya di televisi Amerika Serikat, Anggun sempat ditawarkan sutradara Hollywood untuk bermain di film James BondThe World Is Not Enough dan High Fidelity. Namun, kedua peran tersebut ditolak Anggun dan akhirnya diberikan pada aktrisSophie Marceau dan Lisa Bonet. Anggun mengatakan “Aku lahir sebagai penyanyi. Aku tidak akan

mencoba profesi lain karena menurutku masih banyak orang yang memang dilahirkan untuk menjadi bintang film atau model. Aku merasa panggilan jiwaku adalah musik.”Selain itu, Anggun juga cenderung selektif dalam memilih produk iklan yang dibintanginya. Meskipun begitu Anggun tetaplah Anggun, seorang anak peremuan negri khatulistiwa yang tetap hitap terurai, dan senyum manis yang selalu menemanis para penikmat musik dunia. Dan album terakhirnya Echoes, adalah sebuah bukti kematangan musikalitas anggun terhadap jiwa Art and human.

GOOD LUCK FOR ANGGUN.