Di momen Hari Kemerdekaan, tak pernah lepas dari jasa para pasukan pengibar bendera. Prosesi pengibaran bendara merah putih, memang menjadi rangkaian sangat penting dalam setiap upacara 17 Agustus. Tak heran, tim yang mendapatkan tugas ini harus dipilih secara ketat, apalagi kalau untuk level nasional. Seleksi yang kompetitif dan latihan keras juga harus ditempuh.

Ternyata, beberapa artis ini pernah menjadi anggota Paskibra saat mereka masih duduk di bangku sekolah. Siapa saja mereka? Simak yuk ulasanya berikut ini.

Marcelino Lefrandt

Brilio
https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2016/08/17/91036/426424-artis-paskibraka-.jpg

Aktor Marcelino Lefrandt mengenang pengalaman menjadi salah satu anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di bangku SMA sebagai momen 17 Agustus sebagai pengalaman paling berkesan ketika di SMA Negeri 1 Manado. Tadinya ia akan diberangkatkan sebagai paskibraka nasional, tetapi ternyata ada teman yang lebih baiknya.

Meski gagal menjadi Paskibraka di tingkat nasional, Marcelino ini tetap bangga menjadi komandan pasukan 8 di Provinsi Sulawesi Utara. Dia juga mengingat proses seru mempersiapkan fisik dan mental sebagai Paskibraka di sebuah kampung di mana Marcel “dijemur” di bawah sinar matahari hingga latihan berguling-guling.

Pasha Ungu

metrosulawesi.com
metrosulawesi.com

Vokalis band Ungu, Pasha ternyata pernah menjadi pasukan pengibar bendera, lho. Pria yang bernama lengkap Sigit Purnomo Syamsudin Said ini pernah jadi anggota Paskibra Sulawesi Tengah angkatan tahun 1995. Waktu itu Pasha ngewakili SMAN 2 Palu.

Hana Saraswati

smeaker.com
smeaker.com

Hana Saraswati adalah seoarang aktris, dan model Indonesia. Pemeran Cindy dalam sinetron Anak Jalanan ini, ternyata mantan anggota Paskibraka. Pada Hari Kemerdekaan, 17 Agustus tahun 2014 lalu, Hana terpilih menjadi anggotarpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Dupikat Bendera Pusaka (Paskibraka) pada saat upacara peringatan hari kemerekaan Republik Indonesia ditingkat Provinsi DKI Jakarta. Saat ia bertugas, Joko Widodo masih menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Fero Walandouw

Instagram
Instagram

Pengalaman sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), ternyata pernah dirasakan oleh bintang ganteng Fero Walandouw. Dia pernah menjadi bagian dari pasukan ini ditingkat kota Sulawesi Utara tahun2006 ketika masih duduk di bangku SMA.

Dea Annisa

liputan6
liputan6

Pengalaman seru sebagai pasukan pengibar bendera sekolah ternyata juga pernah dirasakan oleh Dea Imut. Saat bersekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 38 Jakarta, dia menunjukkan rasa nasionalisme dengan menjadi bagian dari tim pengibar bendera. Selama dua pekan ia harus latihan rutin, padahal kala itu bulan puasa.