Flying Fox di Pantai Taman (dianrika90.blogspot.co.id)

Bagi generasi muda, segala sesuatu yang menantang haruslah dicoba paling tidak seumur hidup sekali. Aneka petualangan yang menantang dan mendebarkan sekaligus memacu adrenalin selalu diburu, salah satunya adalah flying fox. Flying fox merupakan sebuah permainan yang diadaptasi dari pelatihan militer. Flying fox dilakukan dengan cara meluncur dari ketinggian tertentu melalui sebuah wire atau kabel baja. Semakin tinggi tempat meluncur, makan akan semakin menantang. Di Indonesia, ada lima lokasi flying fox terbaik menurut para traveler karena selain titik meluncurnya yang cukup tinggi, lokasinya juga dianggap ekstrem sehingga memberikan sensasi mendebarkan yang sangat menantang adrenalin. Coba saja kamu lihat lima lokasinya di bawah ini!

1Pantai Taman

Flying Fox di Pantai Taman (dianrika90.blogspot.co.id)

Flying fox yang ada di Pantai Taman, Pacitan ini merupakan flying fox tertinggi yang ada di Indonesia. Ketinggiannya kurang lebih mencapai 100 meter dengan jarak luncur sekitar 400 meter. Coba saja bayangkan sensasi mendebarkan yang akan melanda kamu saat sedang meluncur dari atas ketinggian, kamu pasti serasa sedang terbang. Saat meluncur jangan menutup mata ya JBers karena kamu bisa memandang luas indahnya Pantai Taman yang berpadu dengan lautan biru dan bukit hijau. Untuk menikmati flying fox di Pantai Taman, kamu hanya mengeluarkan biaya sejumlah Rp 30.000 saja.

2Pantai Balekambang

Flying Fox di Pantai Balekambang (juragancipir.com)

Balekambang di Malang merupakan bagian dari pantai selatan pulau Jawa yang memiliki ombak yang sangat tinggi dan ganas. Hal ini dijadikan point plus saat membuat flying fox dengan jarak peluncuran sekitar 500 meter. Bayangkan saja kamu harus meluncur di atas lautan lepas dengan angin kencang yang menerpa ditambah hempasan ombak. Untuk menikmati flying fox di Pantai Balekambangan ini kamu cukup keluarkan kocek sejumlah Rp 20.000.

3Kalibiru

Flying Fox di Kalibiru (bundagawul.wordpress.com)

Flying fox di Kalibiru Yogyakarta memang sangat hits di kalangan anak muda karena di sini kamu akan dibuat meluncur dari atas ketinggian sekitar 450 meter di atas pepohonan. Ada dua jalur yang bisa kamu pilih, yakni jalur dengan panjang lintasan 50 meter yang disebut dengan jalur mini dan jalur yang lebih panjang lagi dengan lintasan 85 meter. Cukup dengan membayar Rp 35.000, kamu menikmati flying fox yang mendebarkan dengan pemandangan bukit Menoreh dan Waduk Sermo.

4Tretes Treetop

Flying Fox di Tretes Treetop (www.tretestreetop.com)

Kamu punya nyali besar? Ayo coba flying fox di Tretes Treetop yang ada di Pasuruan ini. Flying fox di sini diklaim sebagai flying fox terpanjang se-Asia Tenggara dengan jarak lintasan sepanjang 1000 meter alias 1 km dengan medan pepohonan-pepohonan tinggi yang akan kamu lalui. Untuk dapat menikmati flying fox di sini memang harus merogoh kocek yang cukup dalam karena untuk long flying fox kamu akan dikenakan biaya Rp 150.000. memang cukup mahal, tapi sensasi mendebarkan yang kamu dapatkan juga sebanding kok JBers.

5Umbul Sidomukti

Flying Fox di Umbul Sidomukti (travelingyuk.com)

Di urutan terakhir ada flying fox di kawasan wisata Umbul Sidomukti, Semarang. Meski pemandangannya sangat indah, namun jantung kamu akan dibuat berdebar karena meluncur dari atas ketinggian bukit sekitar 70 meter lebih dengan panjang lintasan sekitar 110 meter. Tak terlalu ekstrim memang dibanding keempat lokasi yang lainnya, tapi tingkat kecuraman yang cukup tajam membuat kamu meluncur dengan sangat cepat. Kamu juga bisa memilih dua gaya dalam meluncur, yakni gaya superman dengan tubuh telungkup untuk kamu sipemberani atau gaya duduk biasa buat kamu yang baru mencoba flying fox. Untuk biayanya, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 20.000 sekali naik.

Sudah siap uji nyali di lima flying fox di atas JBers? (jow)