Membahas tentang keindahan Indonesia memang tidak ada habisnya. Mulai dari budaya, adat Istiadat, upacara hingga objek wisatanya yang selalu mendatangkan decak kagum dan membuat iri orang-orang di seluruh dunia.

Terlebih lagi, keindahan Indonesia sangat menarik dilihat dari sudut manapun. Apalagi pemandangan dari ketinggian yang membuat pengunjungnya serasa berada di atas awan. Kalau kamu ingin menikmati pemandangan indah dengan sajian hamparan awan yang menyejukan, sempatkan diri berkunjung ke 5 tempat ini.

1Dataran Tinggi Dieng

purwokertokita.com
purwokertokita.com

Pesona Dieng yang menakjuban sudah tersohor di dunia. Jika kamu ingin menimati keindahan di atas awan yang maksimal, kamu bisa berkunjung ke Desa Cebongan yang berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Cebongan merupakan desa tertinggi di Dataran Tinggi Dieng dan juga tertinggi di Pulau Jawa.

Untuk pencinta pemandangan matahari terbit, jangan lewatkan The Golden Sunrise di Puncak Gunung Prau dan Bukit Sikunir. Tak hanya itu, kamu dapat menyaksikan fenonema “Salju” yang berasal dari embun upas yang terjadi jika suhu mencapai di bawah 0 derajat Celcius dan membuat tanaman di sekitar kawasan ini menjadi beku.

Baca panduan perjalanan wisata ke Dieng, klik di link ini: Pemandangan Menakjubkan Dieng, Negeri di Atas Awan

2Kampung Lolai, Toraja

kompas.com
kompas.com

Desa Lolai, Kecamatan Kapalapitu terkenal dengan sebutan negeri di atas awan di Tanah Toraja. Desa yang dijuluiki “amazing land” ini berada pada ketinggian sekitar 1400 meter di atas permukaan laut itu terlihat seperti ada di atas awan, terutama pada malam hingga pagi hari.

Pemandangan di sini luar biasa menakjubkan. Dari atas desa, kamu dapat menyaksikan pemandangan yang tertutupi awan, termasuk kampung-kampung sekitar dan kawasan sibuk di Rantepao. Tak hanya itu, di sekitaran Lolai masih terdapat rumah Tongkonan khas Toraja. Deretan rumah Tongkonan di kampung ini dinamai Tongkonan Lempe.

3Desa Mrayan, Ponorogo

detik.com
detik.com

Tak kalah dengan pesona Dieng dan Lolai, Desa Mrayan di Ponorogo juga kerap disebut Negeri di Atas Awan lantaran tertutupi kabut. Desa ini terletak di pegunungan, termasuk wilayah Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo berbatasan dengan kabupaten Pacitan.

Memiliki keindahan alam khas dataran tinggi, Desa Mrayan juga dikenal sebagai penghasil bebatuan termasuk batu akik, rempah-rempah, cengkih dan hasil pertanian. Saat memasuki desa in, kita akan disambut oleh deretan pegunungan, lembah-lembah serta hutan pinus milik Perhutani.

4Bukit Banyon, Trenggalek

blogspot
blogspot

Bukit Mbanyon atau bukti Banyon beradadi ketinggian sekitar 1.175 dpl. Pemandangan di atas bukit ini, sangat menakubkan. Hamparan awan yang menutupi daratan akan terpapar dengan sempurna. Bukit Mbanyon yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan, Gandusari, Kabupaten Trenggalek dan juga dikenal dengan nama Bukit Cinta ini dapat dijadikan spot tepat ketika kamu ingin menikmati sunrise atau sunset.

5Puncak B-29, Bromo

Youtube
Youtube

Pemandangan di Gunung Bromo memang menakjubkan. Di sini kamu dapat menikmati pemandangan hamparan seperti awan berupa kabut yang menyelimuti padang pasir di sekitaran Gunung Bromo dari Tosari atau Penanjakan.

Namun, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat menikmatinya dari Puncak B-29. Pemandangan berupa hamparan awan nan eksotis berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, sekitar 40 kilometer dari Lumajang. Tak heran, kawasan ini dikenal dengan sebutan “Wisata di atas awan”.