Menguak Misteri di Balik Legenda Candi Prambanan


Candi Prambanan merupakan salah satu candi kebanggan masyarakat Indonesia. Adanya candi ini menjadi bukti mahakarya fenomenal umat Hindu di masa lampau. Tepat di abad ke-9 masehi, Candi Prambanan berdiri tegak laksana istana nan megah.

Meski megah, candi ini tak luput dari cerita mistis, yang tentu sudah diketahui oleh banyak orang. Seperti misalnya pembuatan candi ini yang konon katanya dibangun oleh jin karena hanya membutuhkan waktu semalam. Lewat tulisan ini, mari kita lihat fakta-fakta sejarahnya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Candi Prambanan (Wikimedia)
Candi Prambanan (Wikimedia)

Seperti kita ketahui, Candi Prambanan tak lepas dari kisah Roro Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Konon, Raja Bandung Bondowoso yang membangun 1000 candi atas permintaan Roro Jonggrang. Sang Putri meminta pembangunan dilakukan dalam waktu satu malam sebagai syarat pernikahan.

Akan tetapi, Bandung Bondowoso tidak kuasa memenuhi permintaan Roro Jonggrang karena fajar sudah terlanjur datang. Rupanya, Roro Jonggrang lah yang telah menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso dengan menciptakan fajar buatan. Bandung Bondowoso pun mengetahui hal tersebut lantas murka. Ia kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca di Candi Prambanan, yang saat ini masih bisa dilihat.

Patung yang diyakini sebagai jelmaan roro Jonggrang (Wikipedia)
Patung yang diyakini sebagai jelmaan roro Jonggrang (Wikipedia)

Setelah penelitian terhadap Candi Prambanan dilakukan berpuluh-puluh tahun, akhirnya ditemukan bahwa sebenarnya kisah Roro Jonggrang hanya dongeng belaka. Hal ini dapat dilihat melalui prasasti Siwagrha yang diperkirakan dibuat pada tahun 856 M dengan bahasa Sansekerta dan tulisan Jawa Kuno.

Lalu bagaimana dengan arca Roro Jonggrang yang ada di dalam salah satu candi? Setelah dibandingkan dengan patung sosok wanita yang berada di Singasari, patung ini memiliki banyak sekali kesamaan. Apalagi patung itu terlihat berdiri di atas kerbau sambil menggenggam suatu makhluk, gambaran patung itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan cerita Roro Jonggrang. Tentu saja, karena patung itu ternyata bukan Roro Jonggrang. Patung itu adalah patung Dewi Durga, salah satu dewa yang disembah oleh umat Hindu pada saat itu.

Kembali ke prasasti, dalam terjemahan prasasti itu diceritakan pembangunan sebuah candi yang diduga Candi Prambanan. Disebutkan bahwa candi ini sebenarnya mulai dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan dalam prasasti itu tidak diceritakan sama sekali kisah tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Terjemahan prasasti ini juga tidak menyebutkan bahwa candi ini dibangun oleh makhluk halus. Bahkan dalam prasasti ini yang menyebutkan bahwa candi ini dibuat juga oleh para pengukur tanah, atau arsitek pada masa itu.

Prasasti Siwagrha (Wikipedia)
Prasasti Siwagrha (Wikipedia)

Menurut para ahli sejarah, Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan untuk menyaingi candi Buddha yaitu Borobudur. Pembangunan Candi Prambanan dijadikan pertanda bahwasanya Dinasti Sanjaya telah berkuasa di tanah Jawa. Rakai Pikatan membangun Candi Prambanan sekitar tahun 850 Masehi. Lalu disempurnakan oleh Raja Lokapala dan Raja Balitung Maha Sambu. Tahun 856 Masehi munculah prasasti Siwagrha yang telah disebutkan di atas.

Dalam prasasti juga dijelaskan bahwa pembangunan candi dilakukan bersamaan dengan pengubahan saluran air. Pengubahan ini dilakukan untuk memindahkan aliran Sungai Opak. Proyek tersebut bertujuan untuk membuat sodetan sungai baru sehingga mengalir di luar kompleks candi. Kemudian, kawasan bekas aliran sungai semula, dipergunakan untuk membangun Candi Perwara.

Candi Prambanan terus mengalami penyempurnaan oleh raja-raja berikutnya di Medang Mataram. Jumlah candi terus bertambah hingga ratusan. Pada zaman itu, Candi Prambanan digunakan sebagai tempat upacara kerajaan.

Dengan adanya fakta ini, maka bisa dipastikan kalau Candi Prambanan sama sekali tidak berhubungan dengan makhluk gaib, dan sosok Roro Jonggrang hanyalah sebatas legenda saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
62
Love
OMG OMG
54
OMG
Yaelah Yaelah
81
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
73
Keren Nih
Ngakak Ngakak
102
Ngakak