Papua (sumber: Instagram Explore Papua)

Di Indonesia, Papua memang dikenal dengan citra terbelakang. Namun, itu dulu, sekarang Papua semakin berkembang. Melansir dari Papuanews.id, semua perubahan ini tak lepas dari andil Presiden Joko Widodo. Pasalnya, sejak dilantiknya pada 20 Oktober 2014 Joko Widodo sudah lima kali mengunjungi Papua. Pada setiap kunjungannya beliau menekankan agar proses pembangunan di Bumi Cenderawasih dipercepat.

Masih dari sumber yang sama, Gubernur Papua Lukas Enembe mewakili rakyat Papua memberikan apresiasi terhadap kinerja dan perhatian Jokowi. Bukan hanya ke Jayapura yang merupakan Ibu kota Papua, namun masuk ke pegunungan dan pedalaman seperti Wamena, Nduga, dan Dekai Yahukimo yang tak pernah dilakukan oleh presiden-presiden sebelumnya.

Wah, penasaran apa saja perubahan di Bumi Cendrawasih ini? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini kemajuan Papua yang wajib kamu tahu.

1Harga BBM di Papua sama dengan pulau Jawa.

liputan6.com

Bukan rahasia, jika BBM (bahan bakar minyak) merupakan komoditas paling mahal di Papua. Namun, tahun ini harga termahal itu berakhir. Pemberlakuan kebijakan presiden â??BBM Satu Hargaâ? juga menjadi hal mendasar yang akan berpengaruh pada pemerataan ekonomi di penjuru Papua.

2Hadirnya tol trans Papua.

detik.com

Melansir dari Boombastis, proses mensejahterakan rakyat Papua haruslah dimulai dengan pembangunan infrastruktur yang memadai pula. Tol Trans Papua yang direncanakan memiliki 4.325 kilometer (KM), dan yang tersambung saat ini sudah mencapai 3.667 KM atau sekitar 85 %. Tidak hanya untuk kepentingan infrastruktur, namun tol ini juga indah dilihat.

3Mall Jayapura, terbesar di Jayapura.

panoramio.com

Siapa bilang Papua tak punya pusat perbelanjaan? Mal Jayapura adalah pusat perbelanjaan terbesar di Jayapura. Terdiri dari 4 lantai dengan fasilitas lengkap, seperti Matahari Department Store, Hypermart, J.CO Donuts, Pasar Segar, Cinema XXI dan lainnya. Mal yang berkonsep family mall ini menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Tak hanya di Jayapura, tempat perbelanjaan juga hadir di wilayah lainnya di Papua. Manokwari punya mall juga, ada KFC juga, ada cafe keren juga. Sorong juga sama, ramai meski tentu saja tidak bisa kamu bandingkan dengan Jakarta, Surabaya, Semarang, Jogja atau Makassar sekalipun.

4Mimika Sport Complex, Kompleks Olahraga Mewah di Papua.

goodnewsfromindonesia.id

Kabupaten Mimika akan memiliki sebuah Kompleks Olahraga bertaraf Internasional yang pembangunannya dibantu oleh PT Freeport Indonesia untuk persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Kompleks olahraga yang akan diberi nama Mimika Sport Complex (MSC) ini sudah mulai dibangun sejak 2013 di lahan seluas 12,5 hektare milik Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, dengan fasilitas stadion tertutup, stadion terbuka, asrama atlet, dan bangunan penunjang lainnya.

Melansir dari GoodNews FromIndonesia, Stadion tertutup yang dirancang bisa menampung 5.500 penonton ini diperuntukkan bagi cabang olahraga bulutangkis, basket, dan voli. Sedangkan stadion terbuka akan digunakan untuk sepakbola dan juga beberapa cabang atletik seperti lari jarak pendek dan menengah, lempar lembing, tolak peluru, dan lompat jauh. Bangga, kan?

5Hotel-hotel bertaraf internasional sudah banyak.

pegipegi.com

Bagi kamu para pelancong yang mengutamakan kualitas liburan, tak perlu khawatir untuk menjelajahi Papua. Sebab, di sana sudah banyak hotel-hotel berbintang dengan fasilitas terbaik dan berkualitas internasional. Tak heran, Papua menjadi salah satu tujuan wisata paling mahal, apalagi sekarang pembangunan dan eksotisme daerahnya sudah semakin berkembang dengan baik.