DevBot, Mobil Balap Masa Depan


Perkembangan teknologi otomotif terus bergerak cepat. Tidak lama lagi, adu cepat khusus mobil listrik Formula E bakal ketinggalan zaman karena balapan yang lebih canggih, mengadopsi sistem otonomos, sedang digarap oleh Roborace.

Konsepnya, balapan dilakukan tanpa butuh pembalap di kendaraan. Idenya bisa jadi dinilai â??nyelenehâ?, namun Roborace sudah membuktikannya lewat debut prototipe DevBot di sirkuit Silverstone, Inggris.

Dilansir dari Motor1, Jumat (26/8/2016), mobil balap canggih ini dibuat oleh Daniel Simon. Dijelaskan, DevBot bisa dikemudikan oleh orang atau komputer. Daniel Simon bertugas mengembangkan sistem penggerak, sensor, komputasi, dan komunikasi agar mobil mampu beroperasi sendiri.

DevBot (Autoblog)
DevBot (Autoblog)

Desain DevBot dibuat secara kustom dan memiliki kokpit yang bisa mengakomodasi pengemudi. Tentu saja, kokpitnya dirancang untuk memenuhi standar balap. DevBot, yang berarti Developmental Robot, ini memang rencanya dijadikan sebagai laboratorium berjalan sebelum RoboRace diadakan.

Tim pengembang mengklaim bahwa mobil yang dibuat selama 9 bulan ini bisa beroperasi penuh tanpa sopir dan bisa turun ke ajang balap mobil listrik. DevBot sudah memiliki kemampuan untuk terjun ke Roborace dan memungkinkan mobil ini turun sebelum kualifikasi. Menurut kanal resmi Roborace, sejumlah perusahaan berbasis teknologi, otomotif, hingga universitas ternama menyatakan ketertarikannya dalam Roborace.

Jika benar nantinya DevBot digunakan dalam arena balap, maka bisa mengurangi kecelakaan yang dialami oleh pembalap, sehingga semua pembalap bisa merasa aman.

Kamu bisa lihat aksi dari DevBot lewat video berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak