Jika mendengar nama Adolf Hitler, mungkin yang terpikirkan olehmu adalah sosok diktator asal Jerman, dengan sifat kejam karena telah melakukan pembantaian tanpa ampun. Mungkin juga kamu akan berpikir kalau Hitler adalah orang paling kejam di dunia. Hal itu wajar saja, mengingat Hitler memang dikenal dunia sebagai sosok yang keras, sering berkata kasar, kejam, jahat, otoriter, dan beratribut menyeramkan.

Hitler (Huffingtonpost)
Hitler (Huffingtonpost)

Meski demikian, banyak pula hal-hal yang luar biasa dari seorang Hitler. Tidak ada manusia di bumi ini yang sepenuhnya jahat. Di balik segala keburukannya, Hitler juga mempunyai sisi baik yang hanya diketahui sebagian kecil orang. Ada sisi lain yang dapat kita ambil hikmah dari sifat tokoh yang lahir pada tanggal 20 April 1889 ini. Apa saja? Berikut beberapa sisi baik Hitler yang sudah dihimpun jadiBerita dari berbagai sumber untuk kamu.

Hitler pandai membuat orang di sekelilingnya terpukau dengan pidato politiknya. Ia selalu disambut antusias dan tepuk tangan meriah pendengarnya. Ya, gelar orator terhebat sepanjang masa pun melekat padanya. Meski demikian, rupanya dia bercita-cita menjadi seorang seniman.

Hitler (Dylewski)
Hitler (Dylewski)

Walaupun sifat malas yang menjadi kebiasaannya sulit untuk dirubah, namun dia juga adalah orang yang gila membaca. Saking cintanya, saat menjadi tunawisma dan tinggal dirumah penampungan di Vienna ia pernah mengambil semua surat kabar harian yang tersedia di sana, membaca sejumlah pamflet politik, dan meminjam banyak buku dari perpustakaan tentang sejarah Jerman dan mitologi Nordik.

Hitler (Daily Mail)
Hitler (Daily Mail)

Fakta lainnya, Hitler ternyata tidak merokok, tidak main perempuan, tidak berjudi, minum minuman keras dan seorang vegetarian. Dia menjadi orang vegetarian karena tidak tahan melihat darah, sehingga dia tidak makan daging dan melarang bawahannya memakan daging. Hitler juga merupakan seorang yang penyayang, apalagi jika bertemu dengan anak-anak. Dia juga pecinta hewan, terutama anjing (dia mempunyai dua ekor anjing).

Hitler (Liputan6)
Hitler (Liputan6)

Yang paling mengejutkan, ternyata Hitler adalah orang yang humoris. Hal ini terbukti dari para pengikutnya yang sering dikerjai olehnya. Seringkali staff-staff dan pengawalnya yang dia kerjai secara berlebihan, sehingga ada anak buahnya yang akhirnya membelot ke pihak musuh dan membocorkan rahasia penting Nazi pada musuh hanya karena tidak tahan sering dikerjai oleh Hitler.

Hitler (Nazura Nasir)
Hitler (Nazura Nasir)

Banyak kesaksian dari staff-staff dan pembantu-pembantu pribadinya yang mengatakan Hitler adalah sosok pemimpin kharismatik yang luar biasa, seorang pemimpin yang jenius. Sayangnya, banyak hal-hal baik tentangnya seakan-akan dihapus dari catatan sejarah oleh sekelompok orang tertentu. Bagaimanapun buruknya seseorang, pastinya dia punya segi positifnya juga. (tom)