Berkemah (www.socg05.org)

Penat dengan suasana kota Jakarta yang penuh kemacetan? Kamu bisa escape sejenak dari kesibukanmu dengan camping bersama teman-teman. Dengan camping di alam terbuka, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat seperti, merefreshing pikiran kamu, menghilangkan kejenuhan, serta menyegarkan badan karena bersatu dengan alam. Udara asri di alam terbuka menjadi daya tarik utama dari camping. Tak perlu mencari lokasi camping yang jauh, kamu bisa camping ke sekitar Jakarta yang hanya membutuhkan beberapa perjalanan jam saja.

1Camping Grafika di Cikole

Cikole Lembang (punyabanyakcerita.files.wordpress.com)

Camping Grafika merupakan tempat wisata alam yang terletak di kawasan Lembang, Bandung. Tempat ini memiliki luas wilayah sekitar 20 hektar dengan jajaran pohon pinus yang berbarus rapi. Terletak di Jalan Tangkuban Perahu Km 8, Camping Grafika ini bisa kamu tempuh dari Jakarta dengan perjalanan sekitar empat jam saja. Sesampainya di sana, kamu jangan kaget ya JBers karena tak hanya kamu saja yang ingin camping di sini, ada banyak wisatawan yang ingin mencoba merasakan enaknya camping dikelilingi pohon pinus. Di sini juga kamu bisa menikmati aneka olahraga outbound seperti wahana ATV, hingga flying fox yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

2Batu Tapak Camping di Cidahu

Batu Tapak Cidahu Sukabumi (images.detik.com)

Cidahu yang berada di Sukabumi merupakan jalur favorit pendaki Gunung Salak karena udaranya yang sejuk dan asri berkat adanya air terjun Curug Undak Dua yang sangat jernih. Cidahu memiliki banyak sekali tempat perkemahan, salah satunya adalah Batu Tapak Camping. Kamu tak perlu repot-repot membawa peralatan camping karena di sini sudah lengkap disediakan. Jalanan di perkemahan Batu Tapak Camping ini juga dilengkapi dengan akses jalanan berbatu yang rapi sehingga saat cuaca hujan, kamu tak perlu takut becek. Batu Tapak Camping bisa kamu capai dari Jakarta dengan perjalanan sekitar dua jam setengah saja.

3Taman Wisata Alam Gunung Pancar di Bogor

Gunung Pancar (ubermoon.files.wordpress.com)

Ingin berkemah sambil menikmati rasanya berendam air panas? Kamu bisa datang ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang ada di Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Kawasan untuk berkemah di sini dikelilingi hutan pinus yang tingginya melebihi sepuluh meter. Selain berkemah, kamu juga bisa menikmati air terjun yang letaknya tak jauh dari lokasi perkemahan serta pemandian air panas untuk kamu berendam sambil menenangkan pikiran. Untuk mencapai lokasi Wisata Alam Gunung Pancar dari Jakarta, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu setengah jam.

4Tanakita Situ Gunung di Kudadampit

Situ Gunung (spotwisata.co)

Ingin camping tapi tak mau ribet? Kamu bisa coba berkemah di Tanakita Situ Gunung yang letaknya di Jalan Kadudampit KM. 09, Kadudampit, Sukabumi. Di perkemahan ini, kamu akan mendapat fasilitas camping yang sangat lengkap, mulai dari tenda, kamar mandi yang bersih, serta colokan listrik buat gadget kamu. Tenda yang disewakan di sini bisa memuat 3-4 orang. Kamu juga bisa mencoba wahana outbondnya seperti flying fox serta tracking ke Curug Sawe dan Curug Cimanaracun. Untuk sampai di lokasi Tanakita Situ Gunung ini, kamu harus melakukan perjalanan sekitar tiga jam dari Jakarta.

5Curug Nangka di Tamansari

Curug Nangka (hellobogor.com)

Budget untuk camping terbatas? Coba saja camping ke Curug Nangka yang terletak di Sukajadi-Tamansari, Bogor. Tak seperti keempat lokasi camping di atas yang fasilitasnya memadai, di sini kamu harus menyiapkan tenda serta logistik sendiri JBers karena pihak pengelola tidak menyediakan fasilitas sama sekali. Tapi tak perlu kecewa karena pemandangan alamnya tak kalah bagus kok dengan perkemahan di tempat lain. Di sini suasanya lebih sepi sehingga pikiran kamu jadi lebih tenang. Untuk sampai ke lokasi ini, kamu hanya menempuh jarak sekitar dua jam saja dari Jakarta.

Di manapun lokasi kamu camping, jangan sampai meninggalkan sampah ya! Selamat bercamping JBers! (jow)