Bunga mawar sudah terkenal sebagai lambang cinta. Oleh karena itu, banyak cowok yang memilih bunga mawar untuk diberikan pada pacarnya. Makna bunga mawar yang diberikan tergantung dari warnanya. Bunga mawar berwarna merah berarti dia sedang jatuh hati padamu, jika bunga mawar pink berarti dia sangat berharap kamu akan selalu setia, mawar putih menandakan cinta yang tulus, sedangkan mawar kuning berarti persahabatan dan harapan yang baik. Biasanya saat diberikan bunga mawar dari pacar, kamu selalu ingin mengenang momen tersebut dengan menjaga bunga mawar agar tetap awet. Bunga mawar bisa bertahan selama 3-4 hari sebelum akhirnya layu dan warna kelopaknya berubah jadi cokelat. Tapi kamu bisa membuatnya awet lebih dari satu minggu kok dengan lima trik ini!

1Soda

Soda (www.livestrong.com)

Soda ternyata bisa kamu gunakan untuk mempertahankan kesegaran bunga mawar. Caranya sangat mudah, kamu tinggal menyiapkan gelas atau vas bunga kosong, lalu isi seperempat bagiannya dengan air soda atau isi hingga bagian bawah tangkai mawar terendam seperempatnya. Kandungan gula yang ada dalam soda bisa membuat bunga mawarmu mekar lebih lama dan tak cepat layu.

2Hair Spray

Hair Spray (www.alfaonline.com)

Buat kamu yang hobi menata rambut, kamu pasti punya semprotan rambut alias hair spray khan di rumah. Ternyata selain untuk menata rambut, hair spray juga bisa membuat bunga mawar kamu bertahan lebih lama loh. Caranya, cukup semprotkan hair spray ke bagian kelopak mawar serta daunnya. Bagian kelopak dan daun adalah bagian yang paling cepat rusak dan membusuk dibanding batang.

3Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian (www.epiceriemart.com)

Pemutih pakaian yang biasanya untuk mencuci baju juga bisa loh kamu manfaatkan untuk hal lain seperti membuat bunga mawarmu lebih awet. Tak perlu satu botol pemutih pakaian, kamu cukup mencampurkan seperempat sendok teh cairan pemutih ke dalam satu liter air yang akan kamu gunakan untuk merendam tangkai mawar. Cairan pemutih ini akan membuat air bebas dari bakteri sehingga bunga mawar tak cepat cepat membusuk.

4Gula dan Cuka

Cuka dan Gula (reelandgrill.blogspot.com)

Trik lain untuk membuat mawarmu lebih awet, kamu bisa menggunakan bahan-bahan dapur yang kamu miliki seperti gula dan cuka. Campurkan tiga sendok makan gula dan dua sendok makan cuka ke dalam satu liter air hangat lalu tuang ke dalam vas bunga kosong yang sudah ada bunga mawarnya. Pastikan kamu menuang air campuran tersebut hingga merendam 7-10 cm bagian bawah tangkai bunga mawar. Gula akan mempertahankan kesegaran mawar sementara cuka akan melindungi bunga mawar dari bakteri.

5Uang koin

Uang koin (selapselip.files.wordpress.com)

Buat kamu yang tak mau repot, kamu bisa membuka dompet dan carilah uang koin. Loh kok uang koin? Meski uang koin sekarang tak begitu berharga, tapi uang koin masih bisa bermanfaat, terutama uang koin yang terbuat dari tembaga karena bisa membuat mawar tetap segar. Nggak percaya? Masukkan sebuah uang koin ke dalam air yang sudah diberi gula lalu rendam tangkai bunga mawar ke dalam campuran tersebut. Jangan lupa untuk mengganti campuran air gula ini setiap harinya ya!

Bagaimana JBers? Semoga trik di atas bisa membantu membuat bunga mawar pemberian pacarmu jadi lebih awet. (jow)