Nama Pulau Malta, mungkin terasa asing bagi sebagian orang, bahkan mungkin ada yang baru pertama kali mendengar namanya. Padahal, banyak keunikan yang bakal temukan di negara kecil ini, salah satunya desa Popeye.

Malta merupakan salah satu negara makmur di Eropa. Negara ini sangat kecil, saking kecilnya kamu pasti akan kebingungan saat mencarinya di peta. Terletak di pulau kecil di sebelah selatan semenanjung Italia, lebih tepatnya lagi di selatan Pulau Sisilia. Malta hanya terdiri dari dua pulau seluas 316 km2, tidak lebih luas dari pulau Ambon yang 380km2. Jumlah penduduknya pun lumayan sedikit, hanya sekitar 430.000 jiwa.

Kota ini punya potensi yang tak kalah menawan, meski tak sebanding dengan berbagai kota di Eropa sana. Pernah dijajah dan diperebutkan oleh belasan negara di masa lalu membuat negara dengan tiga pulau kecil ini menjadi kaya akan peninggalan sejarah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 5 wisata di Malta yang layak kamu jelajahi.

5Valletta

wikimedia.org
wikimedia.org

Valetta merupakan ibukota Malta yang memiliki sejarah yang panjang. Kamu dapat melihat jika kota Valetta  dikelilingi banyak benteng pengaman yang tinggi. Benteng ini sudah berdiri kokoh sejak dibangun pada abad ke 16 silam.

Keunikan kota ini terletak pada bangunannya yang semuanya berwarna kelabu kekuning-kuningan yang berasal batu karang atau limestone. Tempat yang unik di sini adalah dua buah pelabuhan bernama Grand Harbour dan Marsamxell Harbor, serta Katedral super besar bernama Saint John. Di pinggir dermaga kamu bisa melihat banyak sekali kafe, restoran serta toko yang menjual berbagai macam souvenir menarik.

4Blue Lagoon

huffpost.com
huffpost.com

Blue Lagoon adalah sebuah laguna bak kolam renang raksasa yang memiliki air laut super biru dan kawasan yang sangat bersih. Terletak di Pulau Comino. Kalo kamu sempat main ke sini, kamu wajib terjun dari atas tebing ke laut yang biru ini. Melakukan penjelajahan di kawasan Blue Lagoon akan memberikan sensasi yang sangat menyenangkan.

Apalagi jika kamu berkesempatan menikmati senja di sana, semuanya akan terlihat merah keemasan hingga rasanya enggan untuk beranjak dari bibir pantai yang memiliki pasir putih sangat lembut ini.

3Naxxar

wikimedia.org
wikimedia.org

Naxxar merupakan kawasan desa pertanian kecil di Malta yang mulai membentuk peradabannya di abad ke-17. Semua kebutuhan akan hasil pertanian di kawasan Malta dipasok dari Naxxar selama bertahun-tahun lamanya, sebelum kawasan ini mengalami urbanisasi dan mengalami kemajuan dalam segala bidang.

Di desa ini akan ada pesta desa tahunan yang dirayakan pada tanggal 8 September. Konon desa ini sudah dihuni ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan penemuan gua-gua di Tal-Qattara dan pada Ta ‘San Brinkaw, penemuan bekas roda kereta yang mulai Salina ke itu-Targa dan adanya makam yang sudah ada sejak lama.

2Sliema

oggicafe.com
oggicafe.com

Melancong ke negara lain, tentu yang tak boleh dilewatkan adalah berburu oleh-oleh. Di Malta, Sliema adalah tempat yang pas. Kota yang berlokasi di timur laut Malta ini merupakan pusat perbelanjaan, restoran, dan kehidupan café. Sliema juga adalah pusat komersial, daerah pemukiman, dan banyak tersedia hotel-hotel modern. Kehidupan malam di sini terkena elegan dan berkelas.

Tak hanya itu, di Sliema pun terdapat pantai bernama Rockly yang populer. Kamu bisa menikmati ski air, berenang atau hanya berjalan-jalan di sepanjang pantai yang indah dan amat bersih.

1Popeye Village

tourismontheedge.com
tourismontheedge.com

Nah, ini dia tempat yang paling wajib kamu kunjungi kala bertualangan ke Malta, Popeye Village! Terletak di di Pulau Gozo, Malta, desa Popeye siap memberimu kegiatan seru ala Desa Popeye. Rumah-rumah kayu dengan cat warna-warni semakin membuat suasana ceria dan seru. Wisatawan bisa naik perahu, bermain trampolin air, berjemur di dek kapal, bermain di pantai dan mencicipi berbagai makanan sampai wine gratis untuk wisatawan dewasa.

Selain itu, ada juga Fun Park mini yang dilengkapi dengan taman kecil dan wahana permainan untuk anak-anak. Wisatawan dewasa maupun anak-anak, semuanya bisa bersenang-senang di desa ini. Suasana pulau yang cantik dan mirip dengan aslinya, benar-benar membawa traveler masuk ke dalam dunia Popeye.