Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Keluar Air Mata Saat Menguap

Air mata tak selalu keluar saat kita menangis. Faktanya, ada saat-saat lain alam aktifitas kita yang bisa mengeluarkan air mata, misalnya mata kemasukan air, sedang mengiris bawang, atau saat menguap. Sadar atau tidak, selama ini kita sering kali mengeluarkan air mata saat menguap.

Memang, air mata yang keluar tidak terlalu banyak dalam sekali menguap. Tapi, jika kita sedang ngantuk berat dan berkali-kali menguap, inilah nantinya yang akan menyebabkan air mata yang keluar dari mata sangat banyak. Lalu, apa yang menyebabkan kita mengeluarkan air mata saat menguap?

Ilustrasi menguap (Desalaman)
Ilustrasi menguap (Desalaman)

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, alasan mata berair saat menguap sendiri adalah karena adanya proses tekanan pada kelenjar air mata. Saat kita menguap, kelopak mata secara otomatis akan berusaha menutup secara rapat. Ini juga sering kali dibarengi dengan adanya tekanan pada otot-otot sekitar mata yang membuat mata jadi berair.

Semakin banyak kita menguap, maka kelenjar air mata yang mengalami tekanan semakin kuat. Otot-otot mata yang bergerak pun semakin banyak. Dan ini yang nantinya membuat air mata yang keluar dari mata semakin banyak karena menguap.

Ilustrasi menguap (Ilmu-sehat)
Ilustrasi menguap (Ilmu-sehat)

Untuk menguap sendiri, para ahli sebelumnya mengungkapkan bahwa menguap terjadi karena tubuh lelah, perasaan bosan atau mengantuk. Sementara itu, perasaan lelah, bosan atau mengantuk ini menurut ahli terjadi karena otak mengalami kekurangan oksigen. Hanya saja, belum ada penjelasan lebih detail dan bukti terpercaya bahwa menguap adalah proses penarikan oksigen dari paru-paru ke arah otak demi mencukupi kebutuhan oksigen dalam otak.

Sementara itu, fungsi dari air mata ini rupanya tidak bisa diremehkan. Air mata bisa membantu penglihatan kita, bahkan membunuh bakteri dari tempat-tempat yang kita kunjungi hingga 95 persen.

Ilustrasi menguap (YouTube)
Ilustrasi menguap (YouTube)

Jadi, jika kamu mengeluarkan air mata saat menguap, maka itu adalah hal yang wajar. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Ini Cara Baca Tanda-tanda Kedaluwarsa pada Kemasan Makanan

Inspirasi Tampilan Cantik dan Elegan Saat Wisuda, Bikin Momenmu Makin Berkesan