Gebrakan Afgan di Album Baru Kolaborasi dengan Musisi Dunia

Selama 8 tahun berkarier di dunia musik Indonesia, penyanyi Afgan akhirnya resmi merilis album keempatnya yang berjudul “Sides”. Peluncuran album yang berada di bawah naungan Trinity Optima Production ini sendiri telah diadakan di di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, hari Rabu kemarin.

Lewat jumpa persnya, Afgan mengungkapkan album terbarunya ini merepresentasikan berbagai sisi yang ada di dalam dirinya. Ia turut menulis 10 lagu dalam album ini. Konsep album ini membagi daftar lagunya ke dalam dua bagian yang dilambangkan dengan sisi putih dan sisi hitam. Sisi putih didominasi oleh lagu berunsur pop, sedangkan sisi hitam diwarnai lagu dengan berbagai unsur, seperti R&B, soul, electronic, dan blues.

“Gue ngerasa ada banyak sisi dari diri gue yang sebelumnya belum pernah gue explore di album-album sebelumnya. Dua sisi berbeda ditonjolkan dalam album ini. Semuanya berawal dari judulnya, ‘Sides’, baru dikembangkan konsepnya jadi seperti ini,” ungkap Afgan seperti dikutip dari Rollingstonecoid, Jumat (2/9/2016).

Album ini memuat total 13 lagu yang memuat lagu hits Afgan seperti “Knock Me Out”, “Percayalah”, dan “Kunci Hati” yang telah dirilis sebelumnya. Selain berduet bersama Raisa dalam “Percayalah”, Afgan juga berkolaborasi dengan musisi lain seperti, Yura Yunita dan Rayi Putra lewat lagu “Berani Sadari”, Rian d’Masiv yang ikut menyumbangkan lagu berjudul “Ku Dengannya Kau Dengan Dia”, Alam Urbach dengan lagu “Jalan Terus”, serta Badai lewat lagu “Setia Menunggu”.

Lebih spesial lagi, ternyata Afgan juga berkolaborasi dengan musisi luar Indonesia, misalnya rapper asal Malaysia, Sonaone dalam lagu “X”. Afgan juga berkerjasama dengan seorang produser internasional, Mark Hill (Craig David, Ed Sheeran) dalam mengolah lirik dan mengaransemen lagu hingga memunculkan nomor-nomor seperti, “Count On Me”, “Thinkin” About U”, dan “Brand New Day”.

“Semua proses pengerjaan album ini sih berjalan mengalir begitu aja, nggak ada list-list tertentu untuk melakukan kolaborasi. Alhamdulillah semuanya mengalir begitu aja,” tutur Afgan terkait proses pengerjaan serta kolaborasi dalam albumnya.

Mengiringi peluncuran albumnya, Afgan juga akan menggelar rangkaian tur di beberapa kota di Indonesia meliputi Bandung, Medan, Balikpapan, Makassar dan Surabaya. Selain menggelar konser di dalam negeri, ia juga akan tampil dalam konsernya di Malaysia pada 3 September dan di Singapura pada 20 November mendatang. “Tur ini adalah introduction dari album baru gue. Gue ingin fans tahu bagaimana gambaran albumnya,” pungkasnya. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...