Kalau kamu bukan perokok, tentunya kamu akan dituduh merokok jika badan atau pakaian kamu berbau rokok, padahal kamu tidak merokok sama sekali. Kejadian seperti ini bisa terjadi lantaran orang atau teman di sekitar kamu merupakan perokok.

Bagi orang yang tidak merokok, ikut menghisap asap rokok tentu menjadi satu hal yang sangat mengganggu. Namun, sepertinya solusi yang sama-sama menguntungkan bagi perokok dan bukan perokok sudah ditemukan oleh negara Jepang.

Bukan Jepang namanya kalau tak menciptakan teknologi mutakhir yang membuat kagum negara lain. Kali ini, terkait rokok, mereka menemukan ‘tabung’ yang dinamakan Smoking Bell.

Smoking Bell (Mindblowing)
Smoking Bell (Mindblowing)

Alat berupa lonceng ini menjadi solusi bagi orang yang merokok di kafe atau tempat umum, karena didesain untuk membuat perokok menikmati asap rokoknya sendiri, tanpa mengganggu orang di sekitarnya yang bukan perokok.

Bisa kamu lihat melalui gambar di atas, Smoking Bell hanya berupa tabung yang cukup untuk satu orang, dan tabung itu dihubungkan dengan pipa besar untuk mengeluarkan asap rokok ke luar kafe. Keuntungan lainnya bagi kafe adalah pemilik kafe tidak perlu menambah ruangan lagi, cukup dengan ruangan yang sudah ada, ditambah dengan Smoking Bell.

Meski cukup inovatif, rupanya fasilitas ini baru ada di sebagian kafe atau restoran saja, dan belum semua kafe di Jepang memiliki fasilitas serupa. Setidaknya, metode ini bisa menjadi contoh bagi negara lainnya, seperti misalnya Indonesia yang jumlah perokoknya banyak, untuk menggunakan fasilitas seperti ini agar orang yang bukan perokok bisa menghirup udara tanpa asap rokok. (tom)