Masa sekolah dulu, saat sakit atau izin tidak masuk sekolah orang tuamu menulis surat buat gurumu kan? Isinya pun standar hanya permintaan maaf tidak masuk sekolah lalu mohon dimaklumi oleh guru, lengkap dengan tanda tangan ibumu. Lantas surat izin tidak masuk sekolah tersebut dititipkan orangtua kepada temanmu atau mengantarnya langsung ke sekolah.

Aturan ini masih berlaku hingga kini, terutama di daerah-daerah kebiasaan memberi kabar tidak masuk sekolah lewat surat masih jadi hal yang sering dilakukan. Namun, ada yang unik dari surat izin ini. Tidak menggunakan aturan standar penulisan izin tidak masuk sekolah pada umumnya, surat ini bakal membuatmu tersenyum-senyum.

Beberapa waktu lalu, dunia maya dihebohkan surat izin tidak masuk sekolah karena sakit salah satu orang tua di Makassar. Tak menggunakan aturan standar, justru surat ini sangat puitis. Surat izin berlogat Bugis Makassar itu penuh kata puitis dan terkesan berlebihan.

Surat ini sendiri diposting oleh sebuah akun Facebook bernama Bambang Budiono. Sehari usai diposting, surat ini langsung menjadi viral dan banjir komentar bernada positif dan reaksi terpingkal para netizen.

Surat ini diawali dengan salam,  berlanjut dengan bertaburannya diksi-diksi puitis yang dahsyat. Pada pembukaan, kata-kata mutiara khas para pujangga menyapa sang guru untuk menikmati pagi dan matahari yang bersinar terang. Sang ibu dengan mahir menggunakan pengibaratan lantaran anaknya tidak bisa masuk sekolah karena sakit. Seperti ini suratnya:

Facebook
Facebook

â??Assalamu Alaikum Wr. Wb,

Alangkah indahnya pagi ini, matahari bersinar dengang terang. Burun-burun bernyanyi dang senan. Bunga-bunga di tamang semerbak mewangi dang bermekarang. Tapi ibaraâ?? bunga ada satu yan layu, yaitu Rahing. Hari ini dia tidaâ?? bisa masuâ?? sekolah ka sakitki kasiang.

Sekiang dan Terima kasih�

Bontonompo’, 7 September 2016
Oran tuana Rahing

Ajaibnya, surat yang mengatasnamakan guru Rahing, lantas membalas surat ibunda Rahing tersebut dengan kalimat-kalimat yang tak kalah dahsyat.

Brilio
Brilio

Menarik bukan?