Jerawat sangat identik dengan remaja. Pada usia belasan dan dua puluhan, jerawat selalu saja muncul tanpa diduga. Si kecil menyebalkan ini tak akan muncul tanpa sebab, penyebab munculnya jerawat tentunya bermacam-macam, bisa karena hormon, makanan yang kamu konsumsi, hingga pertanda adanya yang salah dengan tubuh kamu. Letak munculnya jerawat yang berbeda-beda ini juga bisa menjadi pertanda alias sinyal kalau ada organ tubuh kamu yang sedang bermalasah. Dilansir dari dailymail.uk, menurut teori pengobatan China, ada beberapa titik pada permukaan wajah yang terhubung dengan organ tertentu, jadi kamu bisa mendeteksi penyakitmu lewat jerawat yang muncul di wajah. Ingin coba? Ini lima caranya!

1Jerawat di Area Pipi Atas

Jerawat di pipi (naturalskinhacks.com)

Titik ini paling sering didatangi jerawat karena area pipi atas merupakan titik dari sistem pernapasan. Jadi jangan heran kalau kamu menemukan jerawat di area pipi atas karena jerawat di titik ini diakibatkan dari paparan asap rokok, polusi udara, serta alergi debu yang menunjukkan kalau kamu harus memberi perhatian yang ekstra pada paru-parumu. Cara termudah menghindari munculnya jerawat di area pipi atas adalah dengan banyak-banyak menghirup udara segar serta tidak menjadi perokok pasif. Kamu juga bisa memperbanyak makan sayuran hijau untuk membantu membersihkan paru-parumu.

2Jerawat di Dahi

Jerawat di Dahi (www.healthstatus.com)

Selain di area pipi atas, jerawat di dahi juga paling sering muncul. Ini dikarenakan adanya gangguan pada sistem pencernaanmu yang bisa diakibatkan oleh timbunan lemak, kurang tidur hingga stress yang memicu tingginya asam lambung. Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai tidur yang cukup, mengurangi konsumsi lemak dan soda, serta liburan untuk merefreshing pikiranmu.

3Jerawat di Antara Alis Mata

Jerawat di antara alis mata (xovain.com)

Di titik pertemuan di antara alis dan mata ini kadang muncul jerawat yang menandakan kalau kesehatan hati atau liver kamu sedang terganggu. Hal ini bisa diakibatkan karena kamu terlalu sering makan junk food atau makanan yang tak sehat. Kamu bisa mencoba untuk mengurangi junk food serta makanan berminyak dan menggantinya dengan sumber protein nabati seperti tahu, tempe, kacang almond, brokoli, serta alpukat.

4Jerawat di Sekitar Mulut

Jerawat di sekitar mulut (www.biancagastaldi.com.br)

Jerawat yang muncul di sekitar mulut seperti dagu merupakan tanda kalau kamu sedang mengalami stress berat atau sedang terjadi perubahan hormon seperti menstruasi yang tidak bisa dihindari oleh para cewek. Untuk mengatasinya, kamu harus istirahat yang cukup, mengurangi beban pikiran dengan relaksasi atau berlibur dengan teman-teman untuk menghilangkan stress.

5Jerawat di Hidung

Jerawat di hidung (vicare.vn)

Hidung memang sangat jarang mengeluarkan jerawat karena jika ada jerawat muncul di hidung, itu tandnaya kamu sedang mengalami kesehatan jantung, tekanan darah tinggi hingga kolesterol. Kamu bia mengecek tekanan darahmu untuk memastikannya. Untuk menghindari munculnya jerawat di hidung ini, kamu bisa mengkonsumsi protein dan vitamin B, mengurangi konsumsi daging merah serta mengurangi makanan pedas.

Sudah coba deteksi jerawat kamu? Jerawat tidak akan muncul jika kamu makan makanan yang bergizi, minum banyak air putih, serta berolahraga secara teratur ya JBers! (jow)