Tanda Stress Berat(wallpaperus.org)

Apa kamu merasa hidupmu sekarang tak ada masalah dan aman-aman saja? Banyak orang mengatakan pada dirinya sendiri kalau kondisi hidup yang mereka jalani saat ini tidak ada masalah, baik itu dari keluarga, sekolah atau kuliah, hingga hubungan percintaan. Tapi tahukah kamu kalau stress itu ternyata tidak selamanya bisa dirasakan. Beda orang, beda pula tingkatan perasa stressnya. Biasanya, ada orang yang terlalu cuek dengan kondisi diri sendiri sehingga mereka sama sekali tidak merasakan kalau kadar stress mereka lama kelamaan meningkat. Buat kamu yang ingin mengecek kadar stress kamu sudah berat atau tidak, kamu bisa melihat lima tandanya di bawah ini!

1Mudah Lelah

Mudah lelah (drprem.com)

Coba kamu perhatikan kondisi fisikmu, apa kamu merasa mudah lelah belakangan ini? Kondisi fisik sangat menentukan tingkatan stressmu. Buat kamu yang beraktifitas selama lebih dari 15 jam, dilanda stress berat sangat memungkinkan terjadi. Tenaga dan pikiran yang terkuras selama beraktivitas bisa mengakibatkan tubuh menjadi lelah sehingga memicu tingkat stress yang berlebihan. Kalau kamu sangat lelah sampai bisa tertidur di tempat, itu tandanya kamu sudah dilanda stress berat.

2Reaksi yang Berlebihan

Reaksi berlebihan (tipscostarica.com)

Kamu pernah mengeluarkan reaksi yang berlebihan pada sesuatu kejadian kecil? Biasanya para cewek akan menjadi lebay seperti mudah terpancing emosinya kalau sedang menstruasi, tapi bagaimana jika mereka tidak sedang menstruasi tapi memiliki reaksi yang berlebihan? Reaksi berlebihan alias overreact ini bisa menjadi tanda kalau kamu terkena stress tingkat tinggi. Jika kamu merasa reaksimu tak berlebihan, cobalah untuk bertanya pada teman terdekatmu, apakah mereka melihat perubahan reaksi yang berlebihan pada dirimu belakangan ini, jika jawabannya iya, sudah pasti kamu sedang dilanda stress berat.

3Keringat yang Berlebihan

Keringat Berlebihan (stayglam.com)

Berkeringat setelah mengerjakan pekerjaan yang berat tentunya sudah menjadi hal yang biasa. Tapi jika kamu hanya melakukan pekerjaan ringan tapi keringatmu berlebihan, kamu harus coba mempertanyakan apakah dirimu sedang dilanda stress. Alasan orang mengeluarkan keringat adalah adanya peningkatan suhu di dalam tubuh, bisa karena olahraga atau melakukan aktivitas berat, suhu cuaca yang panas serta bisa jadi karena sedang berada di bawah tekanan alias sedang dilanda stress. Oleh karena itu, saat kamu tiba-tiba berkeringat hanya karena melakukan hal ringan, kamu harus waspada ya JBers.

4Berbicara Pada Diri Sendiri

Berbicara Sendiri (www.understood.org)

Banyak orang yang tanpa sadar berbicara dengan diri sendiri, entah itu menyemangati diri sendiri, marah-marah, mengeluh, atau berbicara hal yang tidak baik. Orang yang punya kebiasaan berbicara dengan diri sendiri ke arah lebih baik cenderung melakukan self talk positif dibanding self talk negatif. Jadi kalau kamu melakukan self talk positif, kamu masih berada di zona yang aman. Beda halnya dengan jika kamu melakukan self talk negatif seperti marah-marah dan mengeluh tanpa henti. Orang yang sedang dilanda stress cenderung melakukan self talk negatif. Hal ini diakibatkan karena ia ingin melepas beban yang ada pada dirinya tanpa ia sadari.

5Selalu Ingin Berlibur

Selalu Ingin Berlibur (www.escape.com.au)

Liburan adalah hal yang lumrah dilakukan untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Namun hal ini tidak menjadi lumrah jika kamu terus-terusan ingin berlibur. Bahkan kadarnya bisa lebih dari 2-3 kali dalam satu bulan. Ini bisa menjadi pertanda kalau kamu sedang dilanda stress berat. Dengan cara berlibur, kamu bisa menenangkan pikiranmu serta melepas penat.

Bagaimana JBers? Setelah membaca tanda-tanda di atas, apa kamu termasuk orang yang sedang dilanda stress berat? (jow)