Mendengar nama hewan kanguru, yang terpikirkan biasanya adalah negara Australia. Nyatanya, hewan kanguru bukan hanya ada di Australia, melainkan ada juga di Indonesia. Lebih hebat lagi, di Indonesia ternyata ada beberapa spesies kanguru, yang sayangnya masuk menjadi hewan langka dan dilindungi. Ada apa saja? Berikut spesies-spesies kanguru yang ada di Indonesia, seperti dilansir dari Dreamcoid, Senin (12/9/2016).

Secara garis besar, kanguru yang ada di Indonesia dibagi menjadi 2, yaitu Kanguru Tanah dan Kanguru Pohon. Kanguru Tanah sendiri dibagi menjadi 3 spesies, yaitu sebagai berikut.

1. Thylogale brunii (Dusky Pademelon)

Thylogale brunii atau Dusky Pademelon (Dream)
Thylogale brunii atau Dusky Pademelon (Dream)

Merupakan jenis kangguru terkecil yang ada di dunia. Beratnya antara 3-6 kg, tetapi ada juga yang 10 kg. Panjang tubuhnya sekitar 90 cm dengan lebar sekitar 50 cm. Satwa langka yang dilindungi ini adalah hewan endemik Papua, dan hanya terdapat di Papua di kawasan dataran rendah di hutan-hutan di wilayah Selatan Papua, dan Papua Nugini.

2. Thylogale stigmata (red-legged pademelon)

Thylogale stigmata atau red-legged pademelon (Dream)
Thylogale stigmata atau red-legged pademelon (Dream)

Merupakan jenis yang hidup di daerah pantai selatan Papua. Thylogale stigmata mempunyai warna kulit tubuh lebih cerah yaitu kuning kecokelatan.

3. Thylogale brownii (Brownâ??s pademelon)

Thylogale brownii atau Brownâ??s pademelon (Dream)
Thylogale brownii atau Brownâ??s pademelon (Dream)

Sama seperti sebelumnya, spesies ini ditemukan di daerah Papua. Selain itu, hewan ini juga terdapat di Papua Nugini.

Sementara itu, untuk Kanguru Pohon terbagi menjadi 6 spesies. Berikut penjelasannya.

1. Dendrolagus pulcherrimus

Dendrolagus pulcherrimus (Dream)
Dendrolagus pulcherrimus (Dream)

Kanguru yang juga dikenal dengan nama Kanguru Pohon Mantel Emas ini merupakan sejenis kanguru pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan pulau Irian. Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda. Leher, pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang.

2. Dendrolagus goodfellowi

Dendrolagus goodfellowi (Dream)
Dendrolagus goodfellowi (Dream)

Ini disebut Kanguru Pohon Goodfellow atau kanguru pohon hias atau Goodfellowâ??s Tree-kangaroo. Jenis ini merupakan jenis kanguru pohon yang paling sering ditemui. Kulit tubuhnya berwarna cokelat sawo matang dan banyak terdapat di hutan hujan di pulau Papua.

3. Dendrolagus mbaiso

Dendrolagus mbaiso (Arkive)
Dendrolagus mbaiso (Arkive)

Dendrolagus mbaiso atau disebut sebagai Kanguru Pohon Mbaiso atau Dingiso, ditemukan di hutan montane yang tinggi dan subalpine semak belukar di Puncak Sudirman. Kanguru pohon ini mempunyai bulu hitam dengan kombinasi putih di bagian dadanya, mirip hewan sigung.

4. Dendrolagus dorianus

Dengrolagus dorianus (Dream)
Dendrolagus dorianus (Dream)

Dendrolagus dorianus disebut juga sebagai Kangguru Pohon Ndomea atau Doriaâ??s Tree-kangaroo. Hewan ini banyak ditemukan di hutan di daerah Papua Nugini.

5. Dendrolagus ursinus

Dendrolagus ursinus (Dream)
Dendrolagus ursinus (Dream)

Disebut Vogelkop Tree-kangaroo atau Kanguru Pohon Nemena, hewan ini merupakan kanguru pohon yang paling awal terklasifikasikan. Mempunyai telinga panjang dan ekor panjang berwarna hitam. Hewan ini tersebar di daerah Papua Barat.

6. Dendrolagus stellarum

Dendrolagus stellarum (Dream)
Dendrolagus stellarum (Dream)

Disebut juga sebagai Seriâ??s Tree-kangaroo. Kanguru pohon ini terdapat di Tembagapura. (tom)