Meskipun kini sudah semakin kurang popularitasnya, setidaknya kamu pasti tahu beberapa lagu daerah yang ada di Indonesia. Rupanya, lagu-lagu daerah itu ada yang berhasil mendunia karena dianggap memiliki nilai seni tinggi. Banyak lagu-lagu yang dulunya hanya dinyanyikan anak-anak, kini disajikan dengan sebuah orkestra di sebuah pertunjukan kelas dunia dan juga oleh musisi ternama. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 lagu daerah Indonesia yang sukses mendunia.

11. Ampar-ampar Pisang

Lagu yang terinspirasi dari rutinitas masyarakat Kalimantan Selatan ini diciptakan oleh Hamiedan AC. Sejumlah orkestra luar negeri pernah membawakan lagu ini, seperti misalnya sebuah pertunjukan di Wina, Austria, bertajuk From Indonesian Folk, seperti terlihat dari video di atas.

22. Anak Kambing Saya

Lagu asal NTT ini banyak dinyanyikan anak-anak saat bermain. Namun siapa sangka, lagu asli yang banyak dihafal anak kecil Indonesia ini rupanya juga dihafal oleh siswa sekolah musik Ryulgok, Pyongyang, Korea Utara. Mereka pun fasih menyanyikan lirik lagu itu.

33. Potong Bebek Angsa

Masih lagu daerah dari NTT, lagu â??Potong Bebek Angsaâ? pernah dinyanyikan di Festival Paduan Suara Internasional Singapura oleh orkestra paduan suara Zechariah Goh.

44. Soleram

Lagu daerah asal Riau ini mengisahkan tentang persahabatan. Sejumlah musisi asing pernah menyanyikan lagu ini seperti Miriam Makeba, penyanyi asal Afrika, dan juga Rony Marton bersama Triobab di Ibu Kota Republik Ceko, Praha.

55. Yamko Rambe Yamko

Lagu daerah asal Papua, Yamko Rambe Yamko, dinyanyikan dengan sangat indah dan rancak oleh paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children’s Choir (TRCC). Tak heran, jawara pertama mereka raih di kategori Children’s and Youth Choir, Claudio Monteverdi Choral Competition 2016 di Venesia, Italia. (tom)