Di antara tokoh-tokoh superhero, baik superhero Marvel maupun DC, ternyata ada yang memiliki harta kekayaan melimpah, bahkan melebihi kekayaan Bill Gates sang bos Microsoft. Siapa saja? Berikut 5 superhero terkaya sedunia, seperti dilansir dari The Richest, Jumat (16/9/2016).

1. Lex Luthor

Lex Luthor dalam film Batman v Superman (IGN)
Lex Luthor dalam film Batman v Superman (IGN)

Lex Luthor adalah salah satu musuh terbesar Superman yang paling terkenal. Meski seorang penjahat, ia juga dikenal sangat dermawan. Lex mau menyumbangkan jutaan dolar ke kota Metropolis untuk pembangunan taman, yayasan, dan badan amal kesehatan. The Richest mencatat, kekayaanya mencapai USD 75 miliar atau sekitar Rp 900 triliun! Kekayaannya ini meliputi perusahaan miliknya, LexCorp, serta perusahaan surat kabar The Daily Planet sebelum diambilalih oleh Bruce Wayne (Batman). Meski sangat kaya dan â??dermawanâ?, karakternya digambarkan sebagai salah satu tokoh penjahat yang paling kejam di komik DC.

2. Magneto

Magneto (Comicvine)
Magneto (Comicvine)

Max Eisenhardt, atau dikenal sebagai Magneto, adalah salah satu karakter superhero jahat yang paling terkenal. Dari ceritanya di film “X-Men”, Magneto merupakan seorang mutan yang memiliki kekuatan untuk mengendalikan logam layaknya magnet. Kekayaannya diketahui sekitar USD 500 juta atau sekitar Rp 6 triliun. Hartanya yang paling mencolok adalah dia memiliki sebuah pulau pribadi bernama Genosha. Menurut kisahnya, ia kemungkinan mendapat banyak harta dari hasil rampasan emas Nazi.

3. Black Panther

Black Panther (Gamespot)
Black Panther (Gamespot)

Tokoh yang satu ini sempat tampil dalam film “Captain America: Civil War”. T’Challa, tokoh dibalik kostum Black Panther merupakan seorang pemilik dan penguasa di sebuah negara kecil Afrika bernama Wakanada yang memiliki sumber daya alam yang istimewa, karena banyak menyimpan Vibranium. Dengan demikian, secara otomatis sumber daya Vibranium adalah miliknya. Vibranium adalah logam yang sangat berharga, kuat, dan dicari banyak negara. Salah satu produk paling terkenal yang dibuat dengan bahan Vibranium adalah tameng Captain America. The Richest mencatat, kekayaan Black Panther mencapai USD 500 miliar (sekitar Rp 6000 triliun).

4. Batman

Batman (Squarespace)
Batman (Squarespace)

Batman alias Bruce Wayne, merupakan pengusaha yang kaya raya pemilik Wayne Enterprises. The Richest mencatat, kekayaan Bruce Wayne atau Batman mencapai USD 80 miliar atau sekitar (Rp 1000 triliun). Kekayaannya itu meliputi rumah yang luas dan besar, setelan jas dengan harga paling murah USD 3 ribu (sekitar Rp 39 juta), dan 3 unit mobil mewah Lamborghini. Untuk menjadikan dirinya menjadi seorang pahlawan super, ia rela mengeluarkan banyak uang demi membangun markas rahasia canggih serta peralatan yang mendukungnya dalam menumpas kejahatan.

5. Iron Man

Iron Man (Screengeek)
Iron Man (Screengeek)

Rasanya sangat aneh kalau tidak memasukan superhero yang satu ini ke dalam daftar. Tony Stark, si orang di dalam jubah Iron Man merupakan seorang pemilik perusahaan produsen senjata raksasa yaitu Stark Industries. Dari perusahaannya itu, The Richest mencatat ia memiliki kekayaan sekitar USD 100 miliar (sekitar Rp 1.200 triliun). Selain itu, dia juga memiliki Stark Tower sebagai markas Avengers, rumah super besar seharga USD 25 juta (sekitar Rp 325 miliar), dan sekitar 7 unit mobil, yang tentu saja mobil mewah seperti Audi, Bugatti, hingga Rolls Royce. (tom)