Mungkin kamu pernah melihat alat musik yang terbuat dari barang bekas. Namun bagaimana dengan alat musik yang terbuat dari senjata bekas? Inilah yang dilakukan pria bernama Pedro Reyes.

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengubah senjata menjadi alat musik, artis Pedro Reyes telah mambuat alat orkestra yang terbuat dari rongsongkan senjata. Berjudul â??disarmâ?? (lucuti), koleksi delapan instrumen baru ini dibangun melalui kolaborasi dengan beberapa musisi dan Cocolab, sebuah studio media Mexico City.

Tim memperoleh berbagai senapan, pistol, dan senapan yang disita dari kartel narkoba oleh tentara Meksiko dan menggunakannya untuk membangun perangkat musik yang dikendalikan oleh komputer dan dapat diprogram untuk memainkan musik.

Pedro Reyes (Lissongallery)
Pedro Reyes (Lissongallery)

Salah satunya ialah alat musik mariamba yang seluruhnya terbuat dari laras senapan. Dilansir dari Compusiciannewscom, Senin (19/9/2016), mariamba ini memiliki nada yang berbeda-beda. Kamu dapat mengetahui mana nada A, B, C, dan lainnya berdasarkan panjang pendeknya lengan laras. Selain mariamba, alat musik yang berhasil dibuat Reyes dari senjata bekas adalah gitar listrik, biola, dan alat musik perkusi lainnya.

Instrumen-instrumen musik tersebut hanyalah generasi pertama karya Reyes. Saat ini dia sedang serius menggarap alat musik yang lebih modern lagi yang bisa diprogram melalui komputer. Dia berharap masih bisa menciptakan banyak karya lagi karena masih banyak sekali senjata yang bisa dibuah menjadi alat musik.

Kamu bisa lihat videonya berikut ini.

(tom)