Bangun lebih pagi (w-dog.net)

Kamu termasuk orang yang suka bangun pagi atau bangun siang nih JBers? Ada sindiran pepatah yang sering dilontarkan masyarakat Indonesia yang berbunyi â??Jangan bangun siang-siang, nanti rezekinya bisa dipatok ayamâ??. Pepatah tersebut ternyata bukan tanpa sebab loh JBers karena hampir sebagian besar orang yang sukses itu selalu mengawali hari mereka lebih pagi. Masih nggak percaya kalau orang yang bangun pagi bisa lebih sukses? Ayo kita lihat perbedaannya!

1Udara Pagi Lebih Segar

Menghirup udara segar (www.mumbub.com)

Ketika kamu bangun lebih pagi, udara masih sangat segar dan belum terkena polusi karena belum banyak kendaraan yang berlalu lalang di jalanan. Waktu terbaik untuk menghirup udara segar adalah pada pukul 05.00. Cobalah bangun pada pukul 05.00, lalu buka jendelamu dan hiruplah udara pagi. Kesegaran udara pagi bisa membawa energi positif bagi tubuh kamu. Jika kamu bangun siang, asap polusi dari kendaraan bermotor sudah mulai meracuni udara sehingga udara yang kamu hirup tak akan mampu membuat kamu jadi segar.

2Emosi Lebih Stabil dan Mood Jadi Lebih Senang

Mood lebih senang (media.tumblr.com)

Coba kamu perhatikan lebih teliti saat kamu bangun pagi dengan saat kamu bangun kesiangan. Ada efek besar yang kamu dapatkan jika kamu bangun siang, yakni mood yang tidak karuan alias bad mood karena panas matahari sudah menyengat sehingga bisa membuat kepala kamu jadi lebih pusing. Udara saat matahari belum terbit akan lebih menenangkan pikiran sehingga bisa meningkatkan mood jadi lebih senang dan emosi kamu seharian jadi lebih stabil.

3Badan Jadi Lebih Sehat

Olahraga pagi (www.azumio.com)

Sudah pasti orang yang bangun lebih pagi akan jadi lebih sehat karena mereka punya waktu untuk berolahraga terlebih dahulu demi menjaga kebugaran tubuh. Cobalah bangun lebih pagi dan lakukan olahraga minimal 30 menit. Kamu pasti akan merasa lebih fit menjalani hari-harimu. Bangun lebih pagi juga sangat bagus untuk kulit tubuhmu karena sejuknya udara pagi tentunya lebih baik daripada sengatan matahari pada siang hari.

4Hidupmu Jadi Lebih Disiplin

Lebih disiplin (www.huffingtonpost.com)

Orang sukses selalu memiliki tingkat disiplin yang cukup tinggi. Mereka bangun lebih pagi untuk menjaga jadwal mereka tidak molor. Saat bangun pagi, setelah berolahraga dan sarapan, mereka masih punya waktu untuk menata apa saja yang akan mereka kerjakan seharian sehingga semuanya jadi lebih rapi dan teratur. Coba saja kamu bayangkan jika kamu bangun siang, jangankan menata jadwal, mandi saja kadang tidak sempat.

5Pikiran Lebih Fresh

Pikiran lebih fresh (www.quora.com)

Pernah tidak kamu bangun pagi-pagi untuk belajar saat mendekati masa ujian? Bagi para pelajar dan mahasiswa, belajar saat pagi hari akan lebih fokus dan cepat menghapal karena pikiran lebih fresh dan suasana lebih tenang. Materi pelajaran yang akan kamu pelajari juga lebih terserap di otak. Jika kamu bangun kesiangan, pikiran kamu pasti sudah lari ke mana-mana dan bingung karena ada banyak hal yang belum kamu kerjakan.

Pastinya jika kamu bangun lebih pagi, kamu akan merasa lebih bersyukur kepada Tuhan dan rasa bersyukur tersebut bisa menjadikanmu orang yang lebih sukses. (jow)