Kemampuan soft skill (www.nyoozee.com)

Kamu tahu soft skill? Soft skill adalah kemampuan yang lebih mengacu pada EQ dibanding IQ. Soft skill ini tidak dipelajari secara teori layaknya mata kuliah yang kamu dapat. Kamu tentunya tahu kalau skill akademik yang kamu pelajari saat kuliah tidak bisa membantu 100% untuk kamu terjun ke masyarakat terutama di dunia kerja. Oleh karena itu, soft skill yang kamu miliki akan sangat membantumu untuk bergaul dan beradaptasi dengan dunia kerja. Tak perlu dipelajari layaknya teori mata kuliah, kamu cukup memperhatikan dan menerapkannya agar menjadi kebiasaan sehari-hari yang melekat menjadi kepribadian. Di antara banyak soft skill yang ada, lima soft skill ini akan sangat berguna setelah kamu lulus kuliah nanti:

1Negosiator yang Handal

Negosiator yang handal (www.careeraddict.com)

Keahlian tawar menawar atau bernegosiasi memang terdengar sangat sederhana. Tapi ternyata kemampuan bernegosiasi ini memiliki impact yang cukup besar di dunia kerja. Kemampuan negosiasi biasanya dimiliki oleh para cewek karena saat berbelanja mereka selalu melakukan negosiasi alias tawar menawar dengan pedagang untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Saat tawar menawar ini kamu dilatih untuk belajar berkompromi serta bagaimana membuat orang lain percaya.

2Kemampuan Mengendalikan Emosi

Mengontrol emosi (www.briozone.com)

Tidak akan ada yang suka dengan orang yang tempramen dan moody. Orang yang pandai mengendalikan emosinya merupakan salah satu ciri orang yang pantas jadi leader atau pemimpin karena saat mereka selalu bisa diajak untuk berkompromi serta mampu menyikapi masalah dengan kepala dingin dan rasional. Nantinya mereka tidak akan mencampuradukkan urusan pribadi dengan urusan kantor karena saat sudah masuk wilayah kantor, emosi jelek seperti marah dan sedih yang mereka dapat di rumah bisa mereka tinggalkan jauh-jauh.

3Pemberi Saran yang Cerdas

Pemberi saran yang cerdas (universityprimetime.com)

Kamu sering dimintai pendapat oleh teman-temanmu? Jika iya, kamu sudah memiliki soft skill pemberi saran. Seorang pemberi saran yang cerdas akan melihat secara keseluruhan masalah secara jernih. Ia juga selalu mengobservasi dan sangat objektif dan tidak memihak sehingga apa yang kamu sarankan kepada temanmu selalu mereka dengarkan. Soft skill ini akan sangat berguna ketika kamu nantinya bekerja menjadi psikoloh dan konsultan, entah itu konsultan bisnis atau fashion.

4Pendengar yang Baik

Pendengar yang baik (www.lifehack.org)

Sangat jarang ada orang yang bisa menjadi pendengar yang baik karena rata-rata manusia selalu ingin didengarkan dan dimengerti. Betul tidak JBers? Tak mudah menjadi seorang pendengar yang baik, terutama jika temanmu curhat tentang pacarnya sementara kamu sendiri jomblo. Tapi jangan remehkan si pendengar yang baik ini karena mereka bisa menjadi orang yang sukses. Dengan menjadi pendengar yang baik, mereka tak hanya memiliki kesabaran yang tinggi tapi mereka juga bisa banyak mendapat informasi dan wawasan dari cerita dari orang-orang yang bercerita pada mereka.

5Pintar Mencairkan Suasana

Pintar mencairkan suasana (paigehunter.com)

Sifat riang, menyenangkan, selalu positif, dan energik merupakan ciri-ciri orang yang pintar mencairkan suasana. Mereka akan dengan mudah bergaul dan beradaptasi sehingga sudah pasti mereka bisa survive di dunia kerja. Orang yang pintar mencairkan suasana akan menarik banyak orang untuk berteman dengan mereka.

Dari kelima soft skill di atas, mana yang kira-kira ada dalam diri kamu JBers? (jow)