Bermain Game (casualgamerevolution.com)

Kapan terakhir kali kamu tes IQ? Setiap manusia dikarunia kecerdasan yang berbeda-beda ketika mereka lahir. Saat kamu melakukan tes IQ, bukan berarti kecerdasan yang kamu miliki mentok hanya segitu saja ya JBers karena kecerdasan itu bisa ditingkatkan dengan cara dilatih dan diasah secara rutin. Caranya tak selalu dengan serius belajar siang malam serta sekolah di sekolah yang mahal dengan guru professor, tapi juga bisa dengan cara yang lebih menyenangkan dan murah meriah. Kok bisa? Buat kamu yang suka bermain games, kamu bisa meningkatkan kecerdasanmu lewat lima game di bawah ini yang sengaja dibuat untuk meningkatkan logika dan daya ingatmu. Ayo lihat!

1Game 2048

Game 2048 (ironyca.files.wordpress.com)

Buat kamu pecinta matematika sejati, kamu bisa mencoba game 2048 yang membuatmu lebih cermat dan teliti. Game 2048 ini mengajak kamu untuk mengalikan angka sehingga nilai totalnya mencapai 2048. Game 2048 dimainkan di sebuah bidang datar yang memiliki kotak 4×4. Masing-masing kotak berisi angka dengan kelipatan 2. Dasar permainannya, kamu harus menggeser dua kotak yang bernilai sama untuk menambahkan kedua nilai tersebut. Dua kotak yang digabung akan membentuk satu kotak dengan nilai penjumlahan keduanya. Lakukan hal ini terus menerus hingga nilai bidangmu mencapai 2048 atau lebih ya JBers.

2Game The Curse

Game The Curse (www.androidauthority.com)

Game yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka tantangan karena di game The Curse ini kamu harus memutar otak untuk bisa meloloskan diri dari kutukan si mannequin jahat dengan cara memecahkan 100 teka-teki yang diberikan olehnya. Wow, nggak kebayang khan ada 100 teka-teki berbeda yang harus kamu pecahkan dengan mengandalkan daya ingat serta strategi. Serunya, teka-teki tidaklah dibuat fleksibel jadi kamu harus benar-benar menyelesaikan satu teka-teki yang sedang kamu mainkan untuk bisa lanjut ke teka-teki selanjutnya (jadi nggak bisa main skip yah JBers). Setiap kamu selesai memecahkan satu teka-teki, kamu akan diberikan petunjuk agar kamu bisa lolos.

3Game Brain Wars

Game Brain Wars (www.droid-life.com)

Tidak suka main game sendirian? Kamu bisa coba game Brain Wars yang bisa kamu mainkan dengan banyak orang. Dalam game ini, kamu akan bertanding dengan banyak orang dalam hal uji daya tangkap, ketangkasan, serta IQ. Konsep game ini memang mirip dengan game Duel Otak yang sempat jadi berita beberapa waktu yang lalu. Ada banyak game yang bisa kamu mainkan di sini seperti simplicity yang menguji kemampuan kalkulasi, bird watching yang menguji kemampuan observasi, reverse RPS yang menguji kejelian dan ketangkasan, concentration yang menguji daya konsentrasi, dan masih banyak lagi. Uniknya di game Brain Wars ini ada tingkatan kasta yang bisa kamu capai dengan banyak mengalahkan lawan terlebih dahulu.

4Game Flow Free

Game Flow Free (gottasolveit.blogspot.com)

Jika ingin mencoba game ini, kamu jangan cepat frustasi dan menyerah ya JBers karena untuk memainkan game Flow Free ini kamu dilatih untuk sabar tingkat tinggi, cermat, dan juga jeli. Game flow free dimainkan dalam sebuah bidang yang terdiri dari beberapa kotak. Di beberapa kotak ada pasangan titik yang berwarna sama, dengan lokasi yang berbeda. Nah, kamu harus menarik garis yang menghubungkan kedua titik tersebut melewati kotak-kotak, sehingga tidak ada lagi kotak yang kosong. Garis yang kamu tarik juga tidak boleh saling menabrak. Saat baru pertama kali main pasti akan merasa mudah karena jumlah kotak dan titiknya masih sedikit, tapi lama-kelamaan jumlah kotaknya semakin banyak dan jumlah pasangan titik yang harus kamu hubungkan juga semakin banyak. Jadi, sabar ya JBers!

5Game Lumosity

Game Lumosity (tidbits.com)

Game Lumosity sering disebut sebagai game olahraga otak karena mesk terlihat simple, tapi game ini bisa mengasah kemampuan otak kamu loh. Game ini sengaja didesain oleh para ahli neuroscientist dari berbagai institusi terkenal di dunia dengan tujuan untuk meningkatkan daya ingat, kecepatan, serta semua aspek kecerdasanmu. Kamu akan disuruh memilih aspek apa yang ingin kamu tingkatkan, baru nanti kamu akan disodorkan permainan yang sesuai. Kelebihan lain dari game ini adalah kamu bisa melihat tracking kecerdasanmu selama bermain game, jadi kamu bisa tahu langsung daya ingat kamu meningkat atau tidak.

Tunggu apalagi JBers! Ayo tingkatkan kecerdasanmu dengan langsung mencoba salah satu game pintar di atas! (jow)