Hal yang harus kamu lakukan saat usia 20 (blog.matthewlester.com)

Apa yang akan kamu lakukan saat usiamu sudah memasuki 20-an? Dilansir dari Popsugar, menurut Dr Iona Ramia, peneliti dari University of New South Wales, pada saat usiamu mencapai 20-an, kamu akan merasakan kepuasan dalam hidup, kebahagiaan tertinggi, serta energi yang sangat berlimpah. Salah satu alasannya adalah karena metabolisme tubuh kamu masih cepat sehingga badanmu selalu merasa fit. Tentunya kamu tak boleh menyia-nyiakan usia 20-an mu karena ada banyak hal bermanfaat yang wajib untuk kamu lakukan seperti lima hal di bawah ini!

1Perbanyak Teman

Perbanyak teman (www.huffingtonpost.com)

Saat usiamu memasuki 20-an cobalah untuk memperluas jaringan pertemananmu. Jika tadinya kamu hanya bergaul dengan teman-teman se-gangmu saja, kamu harus mencoba untuk mencari teman-teman baru, tapi jangan sampai melupakan teman lama ya JBers. Cara termudah memperbanyak teman adalah dengan mengikuti banyak kegiatan sehingga peluangmu untuk bertemu orang baru semakin besar. Dengan memperbanyak teman, otomatis kamu akan memperluas jaringan. Siapa tahu setelah lulus kuliah nanti, kamu bisa mendapat banyak informasi tentang lowongan pekerjaan.

2Pelajari Keahlian Baru

Mempelajari kegiatan baru (www.opportunitiesforafricans.com)

Mempelajari keahlian baru itu wajib kamu lakukan. Pernah tidak kamu memperhatikan teman kuliahmu yang kuliah dibidang jurnalistik atau bahasa tapi mereka ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) fotografi. Percaya deh, dengan mempelajari keahlian baru, tidak akan ada ruginya buat kamu kok karena suatu saat keahlian barumu itu pasti akan berguna. Tentunya kamu harus mempelajari keahlian baru yang kamu suka yah JBers!

3Bangun Kebiasaan yang Baik

Membangun kebiasaan baik (www.pinterest.com)

Memiliki kebiasaan baru yang baik memang tidaklah mudah karena yang namanya kebiasaan itu ya harus terbiasa. Tapi jika kamu berhasil melakukannya, tentunya kamu akan mendapat banyak manfaat loh. Contohnya saja, jika kamu biasanya selalu telat datang saat kuliah, lalu kamu mulai membangun kebiasaan tepat waktu, saat kamu sudah ada di dunia kerja nanti tentunya kebiasaan tepat waktu yang sudah kamu lakukan sejak usia 20-an akan membuatmu dipandang sebagai  karyawan yang disiplin dalam bekerja.

4Perbanyak Kegiatan Positif

Kegiatan positif (campusexplorer.com)

Di usia 20-an kamu punya waktu luang yang cukup banyak, jadi kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu itu untuk memperbanyak kegiatan positif seperti aktif dalam organisasi kampus atau kegiatan mahasiswa lainnya. Jika kamu punya jiwa sosial yang tinggi, kamu bisa ikut kegiatan sosial seperti membantu mengumpulkan sumbangan untuk korban bencana alam.

5Traveling

Mahasiswa traveling (www.flashrouters.com)

Berhubung kamu punya energi yang sangat melimpah, kamu bisa menjadwalkan liburan atau traveling pada saat liburan semester. Dengan traveling, kamu bisa memperkaya pengalamanmu dengan melihat kebudayaan baru. Saat kamu sudah memasuki dunia kerja, akan sulit bagi kamu untuk menjadwalkan diri untuk liburan loh, jadi jangan sia-siakan kesempatan liburan saat usiamu 20-an ya JBers!

Ayo JBers, jangan sampai lewatkan usia 20-an mu begitu saja ya! (jow)