Berbicara tentang mobil masa depan, mungkin bakal terbayang mobil terbang. Walaupun sudah banyak yang mengaku sedang mengembangkan, tapi nampaknya mobil terbang seperti dalam film masih sulit jadi kenyataan. Jadi tidak perlu berpikir terlalu jauh, saat berbincang mengenai mobil masa depan, cukup dengan teknologi yang sekadar membuat mengemudi lebih aman, nyaman, sederhana, dan efisien.

Dalam waktu dekat, kamu bakal melihat mobil yang bisa bergerak tanpa ada yang mengemudi, alias mobil dengan setir otomatis. Mobil seperti itu dinamakan otonomos. Namun, selain mobil otonomos, ada juga fitur-fitur canggih lain yang bakal ada dalam mobil masa depan. Apa saja? Berikut fitur-fiturnya, seperti dilansir dari Motoring, Senin (26/9/2016).

1. Personal Assistant

Ilustrasi Personal Assistant (Dailymail)
Ilustrasi Personal Assistant (Dailymail)

Teknologi ini, memungkinkan mobil secara otomatis memberikan informasi kemacetan lalu lintas dan cuaca, sesaat setelah pengmudi masuk ke dalam mobil. Lebih dari itu, sistem ini akan memberi jalan keluar, jika pengemudi perlu merencanakan sesuatu dalam perjalanan.

2. Pre-heat atau pre-cool system

Interior Nissan Leaf (Wintonsworld)
Interior Nissan Leaf (Wintonsworld)

Fitur ini sudah dimiliki oleh beberapa mobil seperti Jaguar XE dan Nissan Leaf. Fitur ini bisa otomatis memanaskan atau mendinginkan kabin mobil, serta memastikan baterai dalam keadaan terisi penuh. Pemilik mobil bisa mengaktifkan atau menyalakan fitur tersebut dari sebuah aplikasi pada ponsel pintar, tanpa harus pergi ke garasi sendiri untuk menyalakannya.

3. Personal Route Assist

Ilustrasi Personal Route Assist (Bosch)
Ilustrasi Personal Route Assist (Bosch)

Fitur ini sudah tersedia di beberapa kendaraan termasuk Audi Q7, A4 dan A5. Lebih dari itu, sistem navigasi ini akan mempelajari lokasi yang sering dituju, dan akan membuat kesimpulan dan saran untuk perjalanan berikutnya, seperti memberikan rute baru untuk menghindari kemacetan.

4. Road Sign & Object Recognition

Ilustrasi Road Sign & Object Recognition (Fu-berlin)
Ilustrasi Road Sign & Object Recognition (Fu-berlin)

Banyak produsen mobil yang berupaya untuk membuat mobil yang sepenuhnya otonomos. Mereka kemudian nantinya akan mengajarkan mobil mereka, untuk dapat membaca dan mengenali tanda-tanda jalan, sehingga mereka bisa bereaksi sesuai dengan kondisi jalan, seperti tanda batas kecepatan, dan lainnya. Ini akan memperkecil kemungkinan kecelakaan.

5. Car-to-car Communication

Ilustrasi Car-to-car Communication (Extremetech)
Ilustrasi Car-to-car Communication (Extremetech)

Mobil nantinya akan dilengkapi dengan beberapa sensor, untuk memantau ribuan titik data yang dibagikan ke cloud (internet). Ini bisa membuka komunikasi antar mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem internet, di mana tiap mobil akan berbagi informasi mengenai kondisi jalan, cuaca, dan tempat parkir kosong.

6. Traffic Jam Assist

Traffic Jam Assist (YouTube)
Traffic Jam Assist (YouTube)

Mobil akan secara otomatis mengatur akselerasi dan pengereman sendiri dalam lalu lintas padat, sehingga pengemudi tidak akan dibuat repot harus menginjak rem dan gas. Fitur ini juga sudah ada pada beberapa model kendaraan, yang kemungkinan bisa diadopsi untuk semua model mobil, tanpa harus membuat harga mobil menjadi mahal.

7. Accident Alert

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas (BBC)
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas (BBC)

Jika mobil terlibat dalam kecelakaan, fitur ini membuat kendaraan segera mengingatkan tim bantuan darurat dan memberikan lokasi kejadian, sehingga bisa langsung diberikan penanganan. (tom)