Menelusuri Asal Usul Penamaan Tiap Benua

Benua adalah daratan luas. Ada 6 benua yang kita kenal di dunia ini, yaitu Amerika, Australia, Asia, Afrika, Eropa, Antartika. Namun, apakah kamu tahu dari mana asal nama benua tersebut? Siapa saja yang menemukannya dan memberinya nama? Berikut jadiBerita berikan asal usul nama benua yang ada di dunia ini, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Australia

Benua Australia (Wikipedia)
Benua Australia (Wikipedia)

Benua yang satu ini dikenal dengan sebutan benuanya kangguru, dan merupakan benua terkecil di dunia. Sebutan Australia berasal dari Terra Australis Incognita yang artinya “Daratan Tak Dikenal di Selatan”. Keberadaan benua terkecil di dunia ini konon sudah diketahui sejak zaman Romawi kuno, tentunya tanpa bukti sahih/valid yang kuat, karena teknologi penjelajahan maritim saat itu masih belum canggih dan bisa menjangkau daerah yang jauh-jauh. Nama itu mulai diadopsi saat orang-orang Eropa mulai menjelajahi benua tersebut, seperti pelaut Inggris James Cook dan pelaut Belanda Abel Tasman. Namun nama Australia baru mulai ramai digunakan semenjak Matthew Flindersmempopulerkannya pada 1804, hingga selanjutnya pada 1817 Gubernur Jenderal Inggris di Australia saat itu, Lachlan Macquaire mengeluarkan petisi untuk menamai koloni Inggris yang dipimpinnnya. Petisi tersebut baru disetujui oleh Parlemen Inggris pada tahun 1824.

2. Afrika

Benua Afrika (Wikipedia)
Benua Afrika (Wikipedia)

Jika benua Australia disebut dengan benua kangguru, maka benua yang satu ini dikenal dengan benua hitam. Ada beberapa teori tentang asal muasal nama benua Afrika. Teori pertama berasal dari saat Romawi menaklukan Kartago (berlokasi di Tunisia sekarang) dalam Perang Punik ke-3. Daerah taklukan tersebut dinamai Africa, yang diambil dari nama suku asli daerah tersebut, yaitu Afri, sehingga secara literal berarti Tanah Orang Afri. Teori kedua berasal bahasa Phoenicia, AFAR yang artinya “debu” ditambah akhiran Latin -ica, yang berarti tanah/daratan, sehingga Africa berarti “tanah yang berdebu”.

3. Asia

Benua Asia (Mapsofworld)
Benua Asia (Mapsofworld)

Benua Asia berasal dari bahasa Yunani kuno, â??Asiaâ?, yang digunakan sejak tahun 440 SM oleh Herodotusdalam bukunya “Histories”, meskipun konon sudah digunakan jauh sebelumnya. Pada awalnya nama itu bukan untuk menyebut keseluruhan benua Asia, melainkan penyebutan daerah di pesisir timur Laut Aegea dan semenanjung Anatolia (bagian dari Turki sekarang). Orang Romawi mengasosiasikan Asia ke dua propinsinya: Asia Minor dan Asia Major. Teori lain mengatakan bahwa nama Asia berasal dari bahasa Phoenicia, asu, yang artinya “timur” atau bahasa Akkadia, asu, yang artinya “terbit, muncul”. Dalam konteks peredaran matahari, Asia diterjemahkan sebagai “tanah matahari terbit (land of the sunrise)”.

4. Eropa

Benua Eropa (Wikipedia)
Benua Eropa (Wikipedia)

Benua ini dinamai dari Europa, salah satu gundik Zeus dalam mitologi Yunani, yang diculik Zeus dalam wujud kerbau putih dan dibawa ke Kreta. Meski sulit menjelaskannya secara etimologis, ada teori bahwa nama itu berasa dari bahasa Akkadia, erebu, yang artinya “tenggelam, terbenam” atau bahasa Phoenicia, ereb, yang artinya “malam atau barat”. Namun demikian, pada awalnya, seperti halnya sebutan Asia untuk beberapa daerah kecil saja, nama Eropa juga ditujukan ke sebagian daerah di Turki yang disebut Thrace/Thrakia, bukan seluruh benua Eropa yang kita kenal sekarang.

5. Amerika

Benua Amerika (Wikipedia)
Benua Amerika (Wikipedia)

Nama benua Amerika (Utara dan Selatan) diambil dari nama Amerigo Vespucci, seorang pelaut (navigator) berkebangsaan Italia, yang menjelajahi benua baru ini pada tahun 1499 dan menuliskan hasil pengembaraannya dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 1502 dan 1504. Vespucci sejak awal meyakini bahwa benua baru ini bukan bagian dari Asia, seperti anggapan banyak orang pada masa itu, termasuk Columbus. Pada tahun 1507, tukang peta berkebangsaan Jerman, Martin Waldseemuller, membuat peta yang memuat benua baru ini. Dia dan 2 orang mitra kerjanya mengutip tulisan-tulisan Vespucci dan mengabaikan hasil ekspedisi Columbus dan merekalah yang menamai benua baru ini dengan nama depan Vespucci, yaitu Amerigo. Awalnya nama America baru ditambahkan Waldseemller untuk daerah yang ditemukan langsung oleh Vespucci, yaitu sekitar Brasil sekarang. Waldseemuller memakai catatan-catatan perjalanan Vespucci sebagai referensi sehingga petanya pun baru mencantumkan apa yang disebut Amerika Selatan sekarang saja, belum sampai Amerika Utara. Ketika Amerika Utara ditambahkan, para pembuat peta mempertahankan nama aslinya. Pada tahun 1538, geografer terkenal Gerard Mercator memilih nama tersebut untuk keseluruhan benua Amerika, utara dan selatan.

6. Antartika

Benua Antartika (Istorybooks)
Benua Antartika (Istorybooks)

Nama Antartika (Antarctica) berasal dari bahasa Yunani, “antarktike” atau “anti arktike”, yang berarti â??lawan kata dari utaraâ? atau “anti arctic”. Arctic atau Arktik adalah sebutan untuk kutub utara (yang berupa lautan tertutup es), sehingga Antartika dengan mudah diasosiasikan ke kutub selatan, yang kebetulan berbentuk daratan besar (benua) dan tertutup es. Pembuat peta berkebangsaan Skotlandia, John George Bartholomew, diyakini sebagai orang pertama yang menggunakan istilah ini dalam peta-peta yang dibuatnya. Nama ini juga digunakan oleh Prancis sebelumnya, namun bukan merujuk kepada benua beku tersebut, melainkan untuk koloni Perancis di Brasil pada abad XVI, yang disebut France Antartique. Orang pertama yang menemukan atau melihat benua Antartika adalah Fabian Gottlieb von Bellingshausen pada 1820. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Idolakan Glenn Fredly, Isyana Sarasvati Girang Bisa Duet Bareng

Isyana Sarasvati Aransemen Ulang Lagu Britney Spears Jadi Jazz