Dosen selalu benar (www.thecollegehelper.com)

Saat dosen sedang memberikan materi mata kuliah, apa kamu sering berdebat dengan pendapat dosen karena menurutmu apa yang disampaikan dosen tidak sesuai atau tidak sejalan dengan pemikiranmu? Mahasiswa memang selalu kritis dengan rajin bertanya tentang apa yang disampaikan atau diajarkan oleh dosen. Tapi terkadang pemikiran dosen dan mahasiswa tidak sejalan sehingga perdebatan sering sekali terjadi. Jika sudah seperti ini, istilah â??dosen selalu benarâ?? pastinya membuat kepala kamu panas. Sabar dulu JBers, istilah tersebut memang benar karena ada alasan logis yang mendasarinya loh. Apa saja sih alasan logisnya?

1Dosen Belajar Lebih Dulu Dibanding Kamu

Dosen belajar lebih dulu (www.blackenterprise.com)

Jauh sebelum kamu mengecap bangku kuliah, dosen sudah terlebih dahulu merasakan apa yang kamu rasakan. Mereka sudah menjalani berbagai macam proses yang panjang mulai dari menyelesaikan jenjang pendidikan S1 seperti kamu, kemudian lanjut ke pendidikan S2, S3, hingga professor. Jadi, tentunya teori yang ia dapatkan akan lebih banyak dibanding teori yang kamu punya. Hayo, mau coba banyak-banyakan teori dengan dosen? Sudah pasti kalah deh!

2Dosen Lebih Tua dari Kamu

Dosen lebih tua dari kamu (www.wcl.american.edu)

Berhubung usia dosen pastinya lebih tua dari kamu, tentunya mereka sudah menjadi saksi banyak hal yang terjadi di dunia. Buat kamu yang baru saja lulus SMA dan merasakan bangku kuliah, pengalaman hidup kamu tak akan sebanding dengan pengalaman hidup dosenmu yang sudah mencecap berbagai permasalahan hidup. Hal itu membuat dosen punya sudut pandang yang berbeda dari berbagai sisi. Nggak percaya? Coba saja rasakan saat kamu menjadi dosen nanti.

3Dosen Bakal Malu Banget Kalau Salah

Dosen bakal malu kalau salah (nectar.reportbee.com)

Dosen punya harga diri yang tinggi karena titel pendidikan mereka dipertaruhkan. Jika mereka kedapatan salah dalam memberikan materi, tentunya dosen bakalan malu banget donk. Oleh karena itu mereka mencoba mempersiapkan materi perkuliahan dengan sangat matang dan bisa dipertanggungjawabkan. Mereka juga pasti telah menyiapkan beribu macam cara untuk berdebat saat kamu mendapati materi mereka kurang benar.

4Dosen Punya Sumber Bacaan Banyak

Dosen membaca banyak buku (www.timeshighereducation.com)

Namanya juga dosen, sudah pasti sumber bacaan mereka lebih banyak dan beragam dibanding bacaan kamu yang hanya terbatas pada komik, novel, atau majalah saja. Profesi mereka sebagai dosen menuntut mereka untuk suka membaca di mana saja dan kapan saja. Jadi untuk urusan wawasan dan pengetahuan, jangan coba diadu deh!

5Dosen yang Memberi Nilai Kamu

Nilai dari dosen (wyrz.org)

Kenapa dosen selalu benar? Karena dia yang memberikan kamu nilai. Jadi, kalau kamu mau berdebat dan protes habis-habisan, kamu harus siap dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi ya JBers. Seperti jadi mahasiswa yang diblacklist. Buat kamu yang sering berdebat dengan dosen dan mendapati nilaimu C, maka bersyukurlah karena kamu tidak diberi nilai D sehingga harus mengulang semester depan.

Sudah tahu khan kenapa dosen selalu benar. So, daripada kamu lulusnya lama, mendingan kamu cari aman saja ya JBers! (jow)