Robin Hood. Original artwork for Look and Learn (issue yet to be identified).

Sosok Robin Hood digambarkan sebagai sosok yang murah hati, meskipun dia gemar mencuri harta dari orang kaya. Dia juga digambarkan sebagai sosok yang mengenakan pakaian didominasi warna hijau dan menggunakan busur panah sebagai senjatanya. Lalu, apakah tokoh ini memang nyata dan terdapat dalam sejarah, atau hanya fiksi belaka? Mari kita bahas bersama, seperti yang sudah dihimpun jadiBerita dari berbagai sumber.

Bukti tertua dan pertama yang dipercaya sebagai Robin Hood (dengan sedikit perbedaan tulisan) hadir dalam bentuk ballad atau lirik lagu yang merupakan media hiburan populer di masyarakat umum abad pertengahan.

Kisah Robin Hood (Robinhoodlegend)
Kisah Robin Hood (Robinhoodlegend)

Robin Hood dikatakan hidup pada sekitar abad ke-14 dan 15, atau pada masa pemerintahan Raja Richard Lionheart di Inggris. Namun hal tersebut masih diragukan, lantaran walaupun sering diceritakan tentang perbuatannya yang melanggar hukum dan melawan kerajaan, tetapi nama tersebut tidak pernah tercatat dalam sejarah.

Robin Hood beserta para pengikutnya sedang menghibur Raja Richard (Pinterest)
Robin Hood beserta para pengikutnya sedang menghibur Raja Richard (Pinterest)

Jika ditelusuri lebih jauh, Robin Hood sebenarnya bukan sebuah nama, melainkan hanya sebuah istilah atau sebutan umum bagi pencuri atau penjahat. Robin berasal dari Robbing (perampokan) dan Hood/Hod/Hoode juga berkaitan erat dengan kriminal. Pada masa itu, penjahat atau pencuri yang tidak dikenal dan tewas dalam aksinya akan dilaporkan sebagai Robin Hood, dan pada nisan atau kuburannya akan dituliskan nama yang sama apabila perlu. Hal ini murni sebagai identifikasi, mirip seperti nama John Doe di Amerika Serikat untuk korban kriminal yang tidak dikenal atau tidak memiliki identitas.

Kembali pada kisah ballad yang menceritakan tentang Robin Hood. Pada awalnya sosok Robin Hood diceritakan sebagai perampok kejam yang tidak segan-segan membunuh anak kecil sekalipun. Tentu ini sangat kontras dengan legenda yang kita kenal selama ini.

Tapi seiring dengan perubahan jaman dan ketidaksukaan terhadap tekanan kerajaan, maka sosoknya mulai diceritakan sebagai pencuri dengan hati pahlawan. Adalah forest law atau hukum hutan terbaru di Inggris yang menjadi penyebabnya. Hukum tersebut mengatur beberapa hutan dan segala isinya sebagai milik pribadi kerajaan. Penduduk terdekat sekalipun tidak diperbolehkan untuk mengambil kayu bakar atau berburu hewan kecil kecuali keluarha kerajaan.

Mulailah karakter Robin Hood digambarkan sebagai sosok yang berani menentang aturan pemerintah yang dianggap otoriter, dan sosoknya menjadi populer karenanya. Tidak lama kemudian versi lain segera beredar dimana sang pencuri selain dari mencuri hasil hutan juga disebutkan merampok para pejabat dan bangsawan yang kaya karena korup. Disebutkan juga kalau ia memberikan hasil curiannya kepada kaum miskin. Kisahnya semakin ramai dengan ditambahkannya seorang tokoh wanita bernama Maid Marian sebagai unsur romantis bagi sang tokoh yang semakin populer.

Ilustrasi Robin Hood dan Maid Marian (Mainlesson)
Ilustrasi Robin Hood dan Maid Marian (Mainlesson)

Saking populernya nama Robin Hood, muncul usaha-usaha mengaitkan Robin Hood dengan beberapa pelaku sejarah, hanya saja masih kurang berhasil. Tokoh-tokoh yang disebutkan sebagai Robin Hood memiliki catatan sejarah yang berbeda dengan sang legenda sehingga tidak meyakinkan.

Beberapa yang agak serius adalah usaha mengaitkan Robin Hood dengan catatan personil yang diketahui ikut serta menemani Raja Lionheart berperang di tanah suci. Memang ada beberapa yang namanya agak memiliki kesamaan tapi kisah hidupnya tercatat berbeda atau hanya menawarkan sedikit kemiripan.

Muncul juga teori yang cukup terkenal, yaitu teori kalau ia berasal dari golongan bangsawan yang mungkin menyamar dalam aksinya sebagai pencuri untuk melindungi keluarganya. Tapi beberapa tokoh yang dipercaya pun setelah diperiksa juga memiliki kisah hidup, tabiat dan perilaku yang tidak akur dengannya.

Pada akhirnya seperti juga sosok King Arthur, karakter Robin Hood dipercaya merupakan hasil kompilasi atau kumpulan dari banyak kejadian, baik fakta ataupun rekaan yang dilakukan oleh orang-orang yang berbeda dari banyak generasi, diceritakan sebagai satu tokoh untuk keperluan medium penceritaan, semacam tokoh rekaan untuk tujuan narasi.

Makam yang dipercaya makam Robin Hood (Awesomestories)
Makam yang dipercaya makam Robin Hood (Awesomestories)

Satu-satunya bukti kalau Robin Hood itu nyata adalah makamnya. Sayangnya, makam yang disebutkan pun tidak cocok dengan catatan sejarah, lebih parah lagi isinya kosong dan tidak terdapat tanda-tanda geologis bahwa tanah di tempat tersebut pernah digali. Bisa jadi ini adalah ulah oknum abad pertengahan untuk mendapatkan pengunjung dan donasi.

Namun karena kekurangan pencatatan atau dokumen sejarah pada abad pertengahan (Abad Kegelapan atau Dark Ages) yang menyulitkan pencarian fakta, maka sampai saat ini pun masih banyak pihak yang percaya kalau Robin Hood ataupun Arthur Pendragon adalah tokoh nyata. Bagaimana dengan kamu? (tom)