Kapan Pertama Kali Perayaan Ulang Tahun Dilakukan?

Ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang, menandai hari dimulainya kehidupan di dunia. Perayaan ulang tahun biasa dilakukan dengan mengadakan pesta atau syukuran. Dalam perayaan ulang tahun itu, biasanya seseorang, biasanya kerabat atau keluarga, akan memberikan hadiah ke orang yang berulang tahun. Namun, banyak yang belum tahu mulai kapan perayaan ulang tahun ini dilakukan. Berikut adalah sejarah perayaan ulang tahun, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Ulang tahun, atau yang biasa disebut milad dalam bahasa Arab, pertama kali dimulai di Eropa, namun tidak ada yang tahu tahun pastinya kapan. Perayaan ultah pada waktu itu dimaksudkan untuk mengusir roh-roh jahat yang akan datang pada orang yang berulang tahun dan para tamu undangan seperti teman atau keluarga berdoa untuk mengusir roh jahat tersebut. Memberikan kado juga dipercaya dapat mengusir roh jahat tersebut.

Kue ulang tahun (Flickr)
Kue ulang tahun (Flickr)

Orang-orang zaman dahulu tidak mengetahui dengan pasti hari kelahiran mereka, karena waktu itu mereka menggunakan tanda waktu dari pergantian bulan dan musim. Sejalan dengan peradaban manusia, diciptakanlah kalender. Kalender memudahkan manusia untuk mengingat dan merayakan hal-hal penting setiap tahunnya, dan ulang tahun merupakan salah satunya.

Banyak simbol-simbol yang diasosiasikan atau berhubungan dengan ulang tahun sejak ratusan tahun lalu contohnya kue. Salah satu cerita mengatakan, dahulu bangsa Yunani menggunakan kue untuk persembahan ke kuil dewi bulan, Artemis. Mereka menggunakan kue berbentuk bulat yang merepresentasikan bulan purnama. Selain itu bangsa Yunani pula yang menggunakan lilin pada kue ulang tahun agar kue itu terlihat terang bagaikan bulan purnama. Tradisi ini juga dilakukan oleh orang Jerman, yang terkenal sebagai orang yang ahli membuat lilin.

Ilustrasi Artemis (Goddess)
Ilustrasi Artemis (Goddess)

Beberapa orang mengatakan bahwa lilin diletakan dengan alasan keagamaan atau religi. Beberapa orang Jerman meletakan lilin besar di tengah-tengah kue mereka untuk menandakan â??Terangnya Kehidupanâ?. Yang lainnya percaya bahwa asap dari lilin tersebut akan membawa pengharapan mereka ke surga.

Meski belum diketahui kapan tepatnya perayaan ulang tahun ini dimulai, perayaan ulang tahun tertua yang pernah tercatat adalah perayaan ulang tahun para raja atau bangsawan zaman dahulu. Saat itu masyarakat umum, terutama anak-anak, tidak mampu untuk merayakan ulang tahun. Sejarawan percaya bahwa perbedaan ini ada karena hanya kaum bangsawan itu cukup kaya untuk mengadakan pesta ulang tahun dan dianggap cukup penting untuk ditulis tentang perayaannya tersebut.

Pada pesta ulang tahun biasanya ada yang mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun sebagai pertanda bahwa orang yang diundang tidak bisa datang. Tradisi mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun ini pertama kali dimulai di Inggris sekitar 100 tahun yang lalu. Dan pesta ulang tahun anak-anak pertama kali dimulai di Jerman yang diberi nama â??kinderfesteâ?. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pernah Ditolak 24 Wanita, Pria Ini Sekarang Jadi Miliarder

Unik, Pria Norwegia Ini Ciptakan Lagu tentang Nasi Padang