Nun jauh di kutub sana, ada sebuah fenomena menakjubkan yang dipamerkan Tuhan untuk umatnya. Yup, Aurora! Meski Indonesia berada jauh dari kutub utara maupun kutub selatan, tapi keindahan aurora australis, aurora borealis maupun jenis aurora yang lain sudah tersohor.

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya). Fenomena ini menghasilkan gradasi warna-warni cantik yang terpapar di langit.

Walaupun tak bisa menyaksikan aurora secara dekat, kamu dapat menikmatinya lewat hasil jepretan. Dilansir JadiBerita dari berbagai sumber, berikut ini potret Aurora di seluruh dunia.

Aurora di balik kemudi pesawat

Tribun
Tribun

Potret cantik Aurora ini diambil oleh Christiaan van Heijst, seorang kapten pilot pesawat komersial yang juga memiliki hobi fotografi berhasil mengabadikan momen dan pemandangan menakjubkan dari dalam kokpitnya ketika sedang menerbangkan pesawat. Berbagai jenis foto indah nan menawan telah banyak ia abadikan di saat momen yang tepat waktu, salah satunya pancaran cahaya aurora yang menyala-nyala di langit ini. Cantik kan?

Aurora Australialis, Selandia Baru

Fenomena Aurora Terindah di Dunia
Okezone

Fenomena Aurora Australis ini menjadi pemandangan menakjubkan menghiasi langit Selandia Baru selatan. Foto ini diambil oleh fotografer khusus fenomena bumi dan langit, Maki Yanagimachi. Ia menangkap fenomena Aurora Australis ini di Danau Tekapo, Canterbury selatan di malam hari.

Aurora di Pulau Lewis, Skotlandia

merahputih.com
merahputih.com

Skotlandia menjadi salah satu tempat tercantik untuk menikmati aurora. Salah satu lokasi di Skotlandia untuk menikmati pesona aurora ada di Pulau Lewis. Pemandangan kian menakjubkan saat kumpulan batu Callanish yang berdiri tegak menjulang menjadi latar dari langit warna-warni yang menari di atasnya. Momen ini diabadikan oleh Colin Cameron pada Februari 2014 silam.

Aurora di Tromso, Norwegia

cloudfront.net
cloudfront.net

Norwegia menjadi tempat terbaik diantara tempat lainnya untuk melihat cahaya utara. Ada beberapa kota di Norwegia yang menawarkan pemandangan aurora, namun yang terbaik adalah Tromso yang terletak di 571 km dari lingkaran Artik. Tromso menyajikan festival yang ditujukan untuk menghormati dewa fajar yang dirayakan di seluruh wilayah Tromso dan diisi dengan musik, makanan dan cemilan.

Aurora hijau, Islandia

astronomy.org

Bukan rahasia jika Islandia menawarkan pemandangan aurora yang spektakuler. Salah satu suguhan langit Islandia adalah Aurora hijau yang cantik memancar di langit ini. Fenomena ini sempat dipotret di daerah bernama Reykjanes, Islandia oleh astrofotografer Sigurdur William Brynjarsson pada 7 April 2016.

Aurora di langit Alaska

travelalaska.com
travelalaska.com

Di Amerika Utara, salah satu tempat terbaik untuk menikmati cahaya indah Aurora adalah Alaska. Terletak 32 km dari Fairbanks, pegunungan Alaska menawarkan tempat yang indah dan memanjakan untuk menangkap Aurora Borealis. Di sini, kamu bisa menaiki kereta salju yang ditarik oleh sekumpulan anjing husky atau berendam di kolam air panas sambil menonton aurora yang menari di langit malam. Tertarik?

Aurora di Kanada

ladepeche.fr
ladepeche.fr

Kanada jadi satu dari tempat terbaik untuk menikmati cahaya ajaib dari utara tersebut. Kamu dapat menikmati pesona ini di Yukon yang terdapat di paling barat Kanada, tepatnya di sekitar Danau Laberge. Kamu bisa menyewa kabin kayu yang terletak di dekat danau. Kabin ini menawarkan pemandangan Aurora Borealis tanpa batas.

Aurora Borealis di Desa Rovaniemi, Finlandia

Youtube
Youtube

Finlandia salah satu tempat yang tak kalah indah untuk menikmati aurora. Negara dengan angka polusi yang kecil ini bisa mempesona para turis dengan menyajikan aurora yang luar biasa selama sekitar 200 malam dalam setahun. Selama menikmati aurora, kamu bisa menaiki kereta salju yang ditarik rusa, mengemudikan mobil salju atau menontoni kawanan anjing husky. Asyik banget, kan?

Aurora Borealis, Skotlandia

Cantiknya Aurora, menghiasi langit Skotlandia bukan hal yang baru. Aurora Borealis menghiasi langit dengan menampakan warna hijau, merah, merah muda, ungu dan kuning. Seorang movie maker Maciej Winiarczyk mengabadikan fenomena cantik ini antara tanggal 27 dan 28 Februari 2014. Cantiknya sangat memesona!