Dalam dunia musik, ada beberapa tempat legendaris yang disakralkan sekaligus diagungkan oleh para pelaku maupun penikmatnya. Sebut saja nama CBGB cafe, Woodstock, Lokananta di Solo, dan Abbey Road.

Nama Abbey Road dikenal sebagai studio rekaman legendaris yang pernah dipakai oleh musisi-musisi beken seperti The Beatles, Cliff Richard, dan juga Pink Floyd. Rupanya, studio ini juga pernah digunakan oleh musisi asal Indonesia. Siapa saja? Berikut 5 musisi Indonesia yang pernah rekaman di Abbey Road, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1J-Rocks

J-Rocks (Wikipedia)

J-Rocks mendapatkan kesempatan mencicipi studio legendaris ini setelah memenangkan sebuah kompetisi kreativitas dalam ajang musik bergengsi Soundrenaline pada tahun 2008. Yang lebih membanggakan adalah ketika peringatan 40 tahunnya Abbey Road Imitation The Beatles Pose, koran lokal di Inggris menampilkan 40 foto band yang merekonstruksi adegan legendaris itu. Dimulai dari urutan pertama adalah The Beatles dan di urutan terakhir diisi oleh J-Rocks.

2GIGI

GIGI (Lmagzindonesia)

Moment 20 tahun GIGI pada 2014 dijadikan sebuah kebanggaan dalam karir bermusik mereka. Maka di penghujung 2013, GIGI memutuskan untuk merekam album di Abbey Road sebagai bentuk dari perayaan tersebut. Albumnya sendiri dirilis dengan judul “Live at Abbey Road” yang dirilis pada 2014, bertepatan dengan dekade karir bermusik GIGI. Album ini dikatakan sebagai album termahal GIGI.

3/rif

/rif (Lmagzindonesia)

Band rock lawas ini mendapat kesempatan rekaman di Abbey Road pada Maret 2015. Penyebabnya adalah /rif bekerja sama dengan promotor Trilogy Live. Hal ini juga untuk memperingati 21 tahun karir bermusik /rif di tanah air. /rif memiliki mimpi untuk bisa melebarkan jangkauan bermusiknya ke negara-negara lain. Dengan mimpi tersebut, maka kualitas sebuah album rekaman harus memiliki standar yang tinggi. Nama Abbey Road sebagai sebuah studio legendaris pun dipilih oleh mereka. Hasil dari rekaman di Abbey Road ini adalah single berjudul “Turn Off The Lights”.

4Indische Party

Indische Party (Djarumcoklat)

Band bernuansan rock â??n roll 60an ini bernasib sama seperti J-Rocks yang memenangkan sebuah kontes berhadiah rekaman di studio legendaris ini. Converse Rubber Track adalah sebuah acara tahunan yang memberangkatkan musisi-musisi di dunia untuk rekaman di 12 studio ikonik di dunia termasuk Abbey Road. Indische Party merupakan satu-satunya pemenang dari Indonesia dan bersama 84 artis terpilih lainnya di dunia disebar ke 12 studio rekaman ikonik tersebut.

5Husein Idol

Husein Idol (Okezone)

Jebolan “Indonesian Idol” ini pernah rekaman di Abbey Road pada tahun 2015 lalu. Husein mengakui bahwa dirinya merasa bangga bisa membuat sejarah baru di blantika musik Indonesia ini. Tak hanya rekaman, pria bekepala botak ini pun juga menyempatkan diri menghibur penggemarnya yang ada di London. (tom)