Tipe Mahasiswa (learn.marymount.edu)

Selain sebagai tempat menimba ilmu, kampus merupakan tempat yang penuh dengan cerita. Benar tidak JBers? Di kampus, kamu tak hanya belajar, tapi juga berorganisasi, bergaul dengan lebih banyak orang, melakukan penelitian, hingga berjuang mengerjakan skripsi yang menjadi pintu masuk kamu ke dalam kehidupan orang dewasa yang sebenarnya. Setelah kamu lulus nanti, pasti kamu akan tersenyum-senyum sendiri mengenang masa kuliah kamu. Tapi tahukah kamu kalau ada beberapa tipe mahasiswa yang Indonesia banget. Coba deh kamu cermati kelima tipe mahasiswa di bawah ini! Menurutmu, kamu masuk tipe yang mana nih JBers?

1Tipe Kupu-Kupu

Mahasiswa Kupu (studentloan.com)

Hayo siapa yang saat kuliah sering dijuluki kupu-kupu? Kupu-kupu merupakan singkatan dari kuliah pulang-kuliah pulang. Kamu pasti sering mendengar julukan ini. Jadi setelah jam kuliah berakhir, tak seperti kebanyakan mahasiswa yang aktif berorganisasi atau nongkrong bersama teman-teman, tipe kupu-kupu ini lebih suka langsung pulang ke rumah atau kosan. Biasanya tipe kupu-kupu ini pulang untuk belajar atau mengerjakan hal lainnya yang menurutnya lebih berarti.

2Tipe Kuda-kuda

Mahasiswa Kuda (waynesburg.edu)

Pernah tidak kamu mendapati temanmu yang berdagang sesuatu di luar jam kuliah. Yup, tipe kuda-kuda ini merupakan singkatan dari kuliah dagang-kuliah dagang. Tipe kuda-kuda ini merupakan tipe mahasiswa yang mandiri karena biasanya uang hasil jualan mereka gunakan untuk menambah uang jajan, bahkan bisa jadi sebagai tambahan uang kuliah. Mereka bisa berdagang jasa maupun barang seperti dagang pulsa, makanan, pakaian, apapun yang mereka anggap menjadi peluang dagang akan mereka sikat loh JBers. Kamu jangan meremehkan tipe kuda-kuda ini ya, karena mereka memiliki jaringan pertemanan yang luas loh.

3Tipe Kura-kura

Mahasiswa Kura (dcaiga.blogspot.co.id)

Kalau tipe mahasiswa yang satu ini tentunya adalah mahasiswa yang super sibuk, bukan hanya karena kuliah mereka, tapi juga karena organisasi yang mereka ikuti selama kuliah. Tipe kura-kura merupakan singkatan dari kuliah rapat-kuliah rapat. Selesai jam kuliah berakhir, jadwal acara mereka sudah mengantri. Mulai dari rapat organisasi, rapat unit kegiatan mahasiswa, hingga rapat event kampus. Tipe kura-kura ini sangat terkenal loh di kampus alias tergolong mahasiswa tenar karena nongol di mana-di mana. Apa kamu termasuk salah satunya.

4Tipe Kuman-kuman

Mahasiswa Kuman (universityofconn.netdna-cdn.com)

Kuliah sih kuliah, tapi tak harus belajar terus khan? Ada tipe mahasiswa yang butuh refreshing setelah jam kuliah berakhir. Tipe ini adalah tipe kuman-kuman alias kuliah main-kuliah main. Tipe kuman-kuman selalu punya cara untuk have fun di tengah-tengah kesibukan mereka kuliah. Biasanya tipe seperti ini banyak kamu temui pada mahasiswa tingkat awal hingga menengah karena mahasiswa tingkat akhir sudah tidak bisa lagi main karena mereka harus fokus pada tugas akhir atau skripsi.

5Tipe Kucing-kucing

Mahasiswa Kucing (huffpost.com)

Tipe mahasiswa yang terakhir ini termasuk tipe yang agak berbahaya nih JBers karena tipe kucing-kucing alias kuliah cari yang bening-kuliah cari yang bening orientasinya selalu pada mencari jodoh. Di manapun tempatnya, baik itu di kantin, perpustakaan, kelas, taman kampus, hingga lorong kampus pun sinyal mencari jodohnya tak pernah padam. Tipe yang seperti ini bukan berarti mereka playboy atau playgirl yah JBers, karena bisa jadi mereka ingin menikah muda. Siapa tahu setelah lulus kuliah nanti mereka akan langsung ngajak nikah. (jow)