Banyak wisatawan lokal maupun asing yang semakin ramai mengunjungi Kepulauan Karimunjawa. Di akhir minggu atau hari libur akan terjadi lonjakan wisatawan yang signifikan. Kepulauan yang terletak 83 KM di utara Jepara ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan, berikut adalah lima alasan spesifik mengapa wisatawan memilih Karimunjawa sebagai tempat liburan.

1. Berenang dengan Ikan Hiu

Sering menonton film Jaws, kisah mengenai predator air (ikan hiu) yang ganas. Kini impian untuk berenang dengan predator ini tidak lagi sebuah mimpi. Anda bisa mewujudkannya hanya dengan membayar tiket sukarela di keramba Pulau Menjangan Besar milik salah seorang warga. Di sini para wisatawan tidak hanya bisa berenang bersama, melainkan bisa sekedar mengelus hiu dan memberi makan. Berani?

2. Mengunjungi Pulau-pulau tak Berpenghuni

Pernah membayangkan hidup di pulau eksotik sendirian? Atau hanya dengan keluarga sendiri? Menikmati matahari, deburan ombak, dan indahnya pasir pantai sendiri? Impian menjadi ‘raja pantai’ itu kini bukanlah mimpi. Di Karimunjawa terdapat belasan pulau tak berpenghuni, bahkan di berbagai pulau ada yang tenggelam jika pasang. Transportasi mahal? Tenang saja untuk masalah transportasi ekonomis, dengan negosiasi harga ke nelayan dan hanya merogoh kocek dibawah 100 ribu anda bisa mendapat layanan antar jemput dari nelayan setempat.

3. Transportasi Mudah dan Murah

Apa yang anda bayangkan ketika harus menuju Taman Laut Bunaken? Atau wakatobi? Pasti biaya transportasi yang mahal. Mungkin harus merogoh uang gaji dua bulan. Pilihan pariwisata laut Karimunjawa menawarkan solusi yang efisien. Hanya dengan kocek 30 ribuan anda bisa berlibur menuju Karimunjawa melalui Pantai Kartini dengan menaiki Kapal Muria. Murah bukan?

4. Olahraga Air

Ini adalah alsan utama mengapa wisatawan membanjiri Kepulauan Karimunjawa. Di Karimunjawa ditawarkan olahraga air seperti snorkling, diving dan fishing. Olahraga air di sini adalah nomor satu di wilayah Jawa, hal ini didukung air lautnya yang tenang dan masih jernih.

5. Membaca Berita

Alsan terakhir wisatawan mengunjungi Karimunjawa ialah karena tertarik setelah membaca berita ini. Jadi tunggu apalagi? Visit Karimunjawa.(jow)