Superhero kini sedang naik daun berkat munculnya film superhero di bioskop, baik buatan Marvel maupun DC. Bahkan hingga tahun-tahun berikutnya kita masih akan disuguhi film-film superhero. Di antara superhero itu, tentu kita mengenal Superman. Superman dikenal sebagai superhero tertua di Amerika Serikat. Padahal, kenyataannya ada yang lebih tua dari Superman. Superhero senior Superman ini muncul pada tahun 1933, sementara Superman baru muncul 5 tahun kemudian, yaitu tahun 1938. Siapa superhero ini? Ternyata, superhero yang lebih tua dari Superman ini adalah Lone Ranger.

Lone Ranger (Viki)
Lone Ranger (Viki)

Mungkin beberapa dari kamu pernah mendengar nama Lone Ranger, karena sempat di-remake beberapa tahun lalu. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, Lone Ranger sering disebut-sebut sebagai Zorro versi Amerika. Kisah Zorro sendiri telah lama ada dalam cerita rakyat Meksiko dan terkenal di seluruh dunia, bahkan disebut-sebut sebagai superhero tertua di dunia. Amerika sebagai bangsa yang relatif baru ketika itu melalui George W. Trendle menciptakan superhero sendiri dengan mentransformasi Zorro ke dalam bentuk koboi dan jadilah Lone Ranger.

Zorro (The Verge)
Zorro (The Verge)
George W. Trendle (Alchetron)
George W. Trendle (Alchetron)

Lalu, apa kemampuan Lone Ranger ini? Lone Ranger memiliki kemampuan mirip Batman yakni kemampuan dalam bidang investigasi, senjata, dan bela diri. Lone Ranger juga memiliki sifat yang misterius, tenang, dan berwibawa. Jika Batman punya Batmobile sebagai kendaraan, Lone Ranger punya kuda yang setia menemaninya membasmi kejahatan.

Lone Ranger (CNN)
Lone Ranger (CNN)

Kemiripan lainnya dengan Batman adalah Lone Ranger memiliki partner setia. Jika Batman punya Robin, maka Lone Ranger punya Tonto. Tonto adalah seorang penduduk asli Amerika, atau suku Indian, yang ahli dalam menggunakan alat-alat perang tradisional dan kuat dalam pertarungan tangan kosong.

Tonto dan Lone Ranger (My Favorite Westerns)
Tonto dan Lone Ranger (My Favorite Westerns)

Seiring perkembangan zaman, konsep Lone Ranger dianggap tidak relevan lagi karena Amerika semakin lama semakin modern. Maka dari itu George W. Trendle sang pencipta Lone Ranger mencetuskan ide baru untuk menciptakan Lone Ranger versi kota yakni Green Hornet yang diceritakan sebagai keturunan Lone Ranger. Green Hornet inilah yang kemudian dibeli oleh DC Comics dan menjadi dasar dari semua superhero yang diciptakan DC Comics.

The Green Hornet (kingoftheflatscreen)
The Green Hornet (kingoftheflatscreen)

Serial TV “The Lone Ranger” yang dibintangi Clayton Moore pada tahun 1950an sempat tayang di Indonesia pada era 70-80an. Waktu itu tentunya tayang di stasiun TV satu-satunya di Indonesia yakni TVRI. Serial ini cukup sukses di Indonesia. Anak-anak tahun 70-80an pasti kenal sekali dengan Lone Ranger dan Tonto.

Lone Ranger versi baru (Themovieblog)
Lone Ranger versi baru (Themovieblog)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aksi superhero tertua di Amerika Serikat ini akhirnya dibuat ulang gan pada tahun 2013 lalu. Film ini dibintangi Armie Hammer sebagai Lone Ranger dan Johnny Depp sebagai Tonto. Namun uniknya, di film ini justru Tonto lebih banyak ditonjolkan dan menjadi tokoh sentral yang karismatik, sementara Lone Ranger sendiri justru tampak sebagai sidekick Tonto.

Siapa yang menyangka kalau bapak dari para superhero DC ternyata adalah seorang koboi? (tom)