Selama ini mata yang berkedut seringkali dikaitkan dengan pertanda yang berhubungan dengan mitos. Ada yang mengatakan bahwa kedutan di mata kanan merupakan pertanda baik, sedangkan sebagian yang lain mengatakan hal itu sebagai pertanda yang buruk. Tentu saja, hal tersebut hanya merupakan mitos belaka. Secara medis, kondisi mata yang berkedut menandakan ada masalah di matamu yang disebut myokymia. Jika kamu mengalami mata kedutan, berikut adalah beberapa penjelasan ilmiah kenapa mata kamu bisa kedutan, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1Kamu butuh kacamata

Berkacamata (Tren)

Mata yang tegang merupakan penyebab paling umum terjadinya kedutan pada mata. Otot matamu mungkin lelah berkerja terlalu keras untuk waktu yang lama. Misalnya saat menatap layar komputer, menonton TV, atau membaca dalam cahaya redup. Jika hal ini terjadi, maka matamu telah memasuki gejala awal perubahan penglihatan yang menjadi pertanda bahwa matamu perlu diperiksa dan mendapat bantuan kacamata.

2Kamu sedang stres

Stres (Liputan6)

Gaya hidup yang sibuk membuat banyak orang lebih mudah mengalami stres, sekalipun tidak merasa demikian. Tapi tubuh akan merasakan hal yang berbeda sehingga mengirim banyak sinyal ke otakmu, yang salah satunya diterima oleh mata dalam bentuk kedutan pada otot kelopak mata. Jadi , jika matamu berkedut, hal ini mungkin pertanda bahwa tubuhmu sedang stres, dan kamu butuh melakukan refreshing.

3Kamu butuh tidur

Tertidur (Dbagus)

Jika seseorang tidak cukup tidur, matanya akan mudah lelah dan otaknya bekerja lebih lambat. Akibatnya, antara otak dan mata tidak mampu bekerja sama untuk merespon sinyal kedipan. Hasilnya, otot mata terasa mengejang dan matamu akan terus berkedut sebelum kamu sempat mengedipkan mata. Jika ini terjadi, berarti kamu mendapatkan pertanda bahwa kamu butuh tidur dan beristirahat.

4Mata kamu mulai menua

Menua (Tribunnews)

Bukan kulit saja yang bisa mengalami penuaan, tapi juga mata. Penuaan pada mata akan terlihat dari mata yang terasa kering, agak berat, cenderung perih, dan sulit berair. Penyebabnya cukup banyak, misalnya duduk terlalu lama depan komputer, konsumsi alkohol berlebihan, pemakaian contact-lens yang tidak tepa, ataupun penggunaan obat tertentu.

5Kebanyakan minum kopi

Minum kopi (Kaskus)

Konsumsi kafein berlebihan dalam kopi, teh, soda, ataupun minuman berenergi sama sekali tidak baik bagi kesehatan tubuhmu. Walaupun kamu mengetahuinya, mungkin kamu akan tetap mengabaikan hal ini. Tapi ingat , tubuh tak pernah bohong soal penyakit dan segala hal yang salah dalam tubuhmu. Makanya mereka akan memberikan sinyal kedutan pada mata, yang bisa kamu pahami sebagai pertanda bahwa kamu perlu mengurangi konsumsi kafeinmu. (tom)