5 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Film Superhero

Meski punya kekuatan super, pada dasarnya semua superhero tetaplah manusia biasa. Yang lebih penting, dalam setiap kisah film superhero yang terkesan tak nyata itu, sebenarnya ada pelajaran dan nilai-nilai positif yang bisa kita ambil. Berikut adalah 5 pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari film superhero, seperti dilansir dari Huffingtonpost, Kamis (20/10/2016).

Kita semua punya alter ego

Superman (Outnew)
Superman (Outnew)

Clark Kent adalah Superman, Peter Parker adalah Spiderman, sementara Bruce Wayne adalah Batman. Setiap superhero punya alter ego, sisi lain dari diri mereka yang keluar tergantung pada situasi dan kondisi tertentu. Kita pun demikian. Kita akan berbeda saat berhadapan dengan guru di sekolah, dan dengan pacar saat nonton bioskop. Tampil maksimal sesuai dengan situasi tertentu jelas akan memberikan manfaat.

Kita adalah apa yang kita pakai

Batman (Warner Bros)
Batman (Warner Bros)

Kostum sejumlah superhero yang superketat atau bervariasi bentuknya, pada dasarnya memberikan pemahaman bahwa apa yang kita pakai menentukan identitas kita. Hal ini juga berlaku pada busana yang kita pakai sehari-hari. Busana yang kita kenakan turut menentukan bagaimana orang lain bersikap. Jika kamu tampil atraktif, maka interaksi dengan orang lain akan sangat mudah menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

Tampil beda dengan kelebihan

X-Men (20th Century Fox)
X-Men (20th Century Fox)

Berbeda dalam hal ini bukan berarti merasa eksklusif, tetapi bagaimana memanfaatkan kelebihan itu untuk hal yang positif. Seperti superhero yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Caranya, temukan keunikan atau kelebihan yang kamu miliki, dan arahkan untuk hal yang positif.

Pengalaman pahit jadi pelajaran berharga

Thor dan Loki (Marvel Studios)
Thor dan Loki (Marvel Studios)

Bruce Wayne punya kenangan pahit dengan orang tuanya, begitu juga Peter Parker dengan kematian pamannya. Namun dari situlah kejiwaan mereka terbangun dengan baik. Setiap diri kita pastinya punya satu masa pahit yang dilalui, dan kadang menghantui. Yang baik adalah berani menghadapinya dan melewati dengan baik. Selalu ada nilai positif dari setiap kejadian yang dialami, termasuk yang pahit atau menyakitkan sekalipun.

Sekuat apapun, hidup pasti ada masalah

Doctor Strange (Marvel Studios)
Doctor Strange (Marvel Studios)

Superman, Thor, dan Professor X, dengan kekuatan yang maha dahsyat yang dimiliki, bukan berarti membuat hidup mereka nyaman-nyaman saja. Begitu juga kita. Hidup memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dihadapi. Serumit apapun masalah, pasti ada jalan keluarnya, asalkan terus mencoba mencari solusi dan terus bangkit. Kemampuan menghadapi masa sulit dan melepas beban adalah kemampuan yang setiap orang bisa miliki. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Fakta Ilmiah di Balik Mitos Mata Kedutan

Petugas Bandara Ganteng Jadi Berita