Menonton film adalah aktivitas yang menyenangkan. Menonton bisa jadi cara mudah keluar dari penyebab stres. Entah genrenya komedi, horor, aksi maupun drama, kamu bisa ikut terbawa cerita di dalamnya. Namun tahukah kamu bila beberapa hal yang kerap muncul di film itu hanya mitos? Berikut mitos-mitos yang kerap menipu kamu dan ada hanya dalam film.

1. Hidupkan orang meninggal pakai alat pemicu jantung

Alat picu jantung (Liputan6)
Alat picu jantung (Liputan6)

Alat pemicu jantung kerap keluar di film ketika seorang tokoh meninggal di rumah sakit, dan biasanya tokohnya itu hidup kembali. Alat pemicu jantung ini sebenarnya berfungsi mengembalikan normalitas jantung, bukan untuk mengembalikan detak jantung yang berhenti. Jadi mustahil bisa menghidupkan orang meninggal menggunakan alat ini.

2. Proses forensik

Forensik (WVU)
Forensik (WVU)

Proses forensik dalam film dapat menjawab segala pertanyaan termasuk urusan kriminal. Faktanya forensik hanya bisa dilakukan untuk mengumpulkan bukti-bukti.

3. Menembak dengan dua pistol

Dua pistol (Tombraiderforums)
Dua pistol (Tombraiderforums)

Dalam film, seorang tokoh utama menembak dengan dua pistol di tangan kanan dan kirinya terlihat keren. Faktanya, menembak 2 orang dalam satu waktu sangat sulit dilakukan, bahkan bagi yang sudah terlatih.

4. Pembunuh ulung

Agent 47 (YouTube)
Agent 47 (YouTube)

Pembunuh yang melancarkan aksinya dalam film terlihat bisa membunuh tanpa ketahuan dan tanpa suara. Padahal, pada kejadian nyata, pistol tetap saja menimbulkan bunyi yang keras meskipun telah diberi peredam.

5. Membuka gembok dengan pistol

Membuka gembok dengan pistol (YouTube)
Membuka gembok dengan pistol (YouTube)

Di film, gembok yang terkunci dapat dibuka dengan pistol. Sesungguhnya gembok terbuat dari besi yang tebal. Tentu saja hal ini susah dibuka dengan peluru yang kecil.

6. Pin granat

Granat (Telegraph)
Granat (Telegraph)

Dalam film, sang tokoh utama bisa dengan mudah membuka pelatuk atau pin granat. Biasanya hanya dengan satu gigitan pelatuk terbuka dan granat dilemparkan ke lawan. Pada kejadian yang sebenarnya, menggigit pelatuk justru membuat gigi menjadi rontok.

7. Asteroid di luar angkasa

Asteroid (Gizmodo)
Asteroid (Gizmodo)

Pada film dengan latar luar angkasa biasanya ada adegan pesawat yang kesulitan keluar dari sabuk asteroid. Keadaan di sabuk itu dipenuhi sangat banyak bebatuan. Namun, keadaan yang sesungguhnya jarak antara asteoid sangat jauh, sehingga aman dilewati. (tom)