Cuma Satu di Dunia, Panda Ini Miliki Bulu Warna Coklat


Berbicara mengenai hewan bernama panda, umumnya mereka memiliki bulu yang lembut dengan tubuh yang lumayan gembul. Biasanya, warna bulu panda adalah putih dengan corak hitam.

Tapi, berbeda dari panda-panda pada umumnya, panda bernama Qizai yang satu ini justru memiliki bulu berwarna coklat. Bulunya sama sekali tak ada corak hitam. Ia pun dikatakan sebagai satu-satunya panda di dunia yang memiliki warna bulu coklat.

Qizai (Boredpanda)
Qizai (Boredpanda)

Meski demikian, Qizai memiliki kisah yang kurang beruntung. Lantaran warna bulunya yang tidak seperti panda-panda pada umumnya, di usianya yang masih 2 bulan, sang induk meninggalkannya. Ia juga telah dijauhi oleh panda-panda lain di sekitarnya.

Dilansir dari Boredpanda, Selasa (25/10/2016), panda lucu ini mendapat perlakuan intimidasi dari kawanan panda lainnya. Ia yang masih sangat belia dan tinggal di cagar alam Qingling Mountains di China Tengah tersebut harus bertahan hidup sendiri. Beruntung, selang beberapa waktu ia ditinggalkan sang induk dan mendapat intimidasi dari kawanannya, para ilmuwan dan pencinta hewan menemukannya.

Qizai pun selanjutnya ditampung di pusat penampungan panda bernama Foping Panda Valley. Para ilmuwan percaya bahwa Qizai mengalami mutasi genetik sehingga membuat bulunya berwarna coklat. Para ilmuwan juga telah memberikan perlindungan serta perawatan yang sangat baik untuk Qizai. Kini, panda yang dulu pernah ditinggalkan oleh induknya tersebut bisa hidup lebih baik dan bahagia. Ia juga telah mengalami perkembangan serta pertumbuhan yang mengesankan.

Qizai (Boredpanda)
Qizai (Boredpanda)

Di Foping Panda Vallery, panda ini juga bisa hidup lebih tenang dan nyaman. Banyak orang yang sayang kepada dirinya sehingga membuatnya lebih terlindungi. Beberapa panda lain di penampungan ini juga bisa menerimanya dengan baik dan tidak melakukan intimidasi seperti saat ia masih tinggal di hutan. Saat ini, Qizai memiliki berat badan sekitar 100 kg. Ia bahkan mampu menghabiskan bambu sebanyak 20 kg setiap harinya.

Menurut pawang Qizai, panda berbulu coklat tersebut akan bangun pada jam 6 pagi dan akan rutin tidur saat matahari mulai gelap. “Ia adalah panda yang lucu dan menggemaskan. Seperti panda lainnya, ia bangun setiap pagi dan beraktivitas saat siang. Sementara saat matahari mulai gelap, ia akan senantiasa berangkat tidur. Hidupnya kini lebih baik dan ia merupakan panda yang menggemaskan. Bulunya halus dan lembut. Ia juga sangat ramah,” kata sang pawang.

Pawang yang merawat Qizai (Boredpanda)
Pawang yang merawat Qizai (Boredpanda)

Melihat bahwa Qizai sudah bisa hidup lebih nyaman dan bahagia, para ilmuwan sedang mencarikan pasangan untuknya. Diharapkan, saat ia bertemu pasangannya dan memiliki anak, para ilmuwan akan mengetahui lebih lanjut bagaimana ia bisa memiliki bulu berwarna coklat. Para ilmuwan sangat berharap bahwa mereka bisa memecahkan misteri ini dan mencari tahu kenapa Qizai bisa menjadi satu-satunya panda dengan bulu warna coklat. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak