Kisah Unik Penamaan 5 Negara yang Tidak Kamu Tahu

Nama-nama negara tercipta melalui sebuah proses panjang. Sebuah negara tercipta berkat perjuangan berat, sehingga sayang jika negara yang sudah didapatkan itu dinamai asal-asalan. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah sejarah unik dari penamaan 5 negara yang mungkin belum kamu tahu.

Amerika

Patung Liberty dan bendera Amerika Serikat (Jackstudy)
Patung Liberty dan bendera Amerika Serikat (Jackstudy)

Menengok sejarah, seperti yang kamu tahu bahwa Amerika ditemukan oleh Christopher Columbus. Walaupun di era kekinian bukti Columbus jadi yang pertama menginjakkan kaki di Amerika makin terbantahkan. Walaupun tidak memakai nama Columbus, tapi nama Amerika sendiri masih ada hubungannya dengan ekspedisi ini. Di saat yang sama, Columbus ternyata membawa beberapa orang pilihan salah satunya bernama Amerigo Vespucci. Nah, nama Amerigo ini erat dihubungkan dengan Amerika.

Suatu ketika Amerigo menceritakan perjalanan keren tersebut kepada dua orang Jerman. Kedua orang ini adalah para penulis peta. Mendapat informasi yang bagus dari Amerigo tentang dunia baru, dua orang ini pun sepakat untuk memberikan nama daerah tersebut dengan America yang asal katanya dari Amerigo.

Kanada

Bendera Kanada (Feeduck)
Bendera Kanada (Feeduck)

Kisah nama Kanada dimulai ketika ada seorang penjelajah asal Perancis bernama Jacques Cartier yang ketika itu melewati sebuah sungai yang kini bernama St. Lawrence. Saat itu Cartier tengah dipandu oleh seorang penduduk ke suatu tempat bernama desa â??Kanataâ?? yang konon adalah salah satu tempat terdingin di daerah Utara. Mungkin Cartier ketika itu salah dengar dan menyebut tempat yang bernama asli Kanata itu menjadi Kanada.

Versi lain menyebutkan nama Kanada berasal dari penjelajah Spanyol yang dikatakan tengah dalam pencarian sebuah harta. Dari Amerika mereka terus ke arah utara. Perjalanan begitu jauh namun mereka tak menemukan apa yang dicari. Hingga akhirnya mereka pun berseru â??aca nadaâ? atau â??ca nadaâ? yang artinya tidak ada. Akhirnya tempat tersebut pun dikenal dengan Kanada.

Spanyol

Bendera Spanyol (Berkuliah)
Bendera Spanyol (Berkuliah)

Alkisah diceritakan sebuah perjalanan sekelompok kaum bernama Phoenicia pada 3000 tahun lalu. Mereka berangkat dari suatu tempat dan akhirnya mendiami sebuah daerah yang terletak agak jauh di sebelah barat Mediterania. Tempat ini kemudian dinamakan â??I-Shapen-imâ? yang artinya adalah pulau para Hyrax. Hyrax sendiri merujuk pada jenis tikus purba yang kala itu banyak di sana. Kemudian ketika bangsa Romawi datang tempat ini diberi nama pula dengan Hispania dengan arti yang hampir sama.

Namun belakangan diketahui jika Hyrax yang katanya adalah semacam tikus itu tak lain adalah kelinci. Jadi, bisa disimpulkan jika nama â??I-Shapen-imâ? dan â??Hispaniaâ? yang akhirnya menjadi Spanyol itu tak lain tercipta karena kesalahan observasi para leluhur yang diteruskan hingga kini.

Argentina

Bendera Argentina (Upstreamonline)
Bendera Argentina (Upstreamonline)

Suatu ketika pada tahun 1515 atau zaman keemasan pelayaran Spanyol ada seorang pelaut bernama Juan Diaz de Solis. Diketahui de Solis telah membunuh istrinya yang orang Portugal. Agar bisa terbebas dari hukum, de Solis pun kabur dengan cara berlayar pergi dari negara asalnya.

Berbekal tiga buah kapal besar de Solis akhirnya sampai ke sebuah muara yang ia namakan Mar Dulce. Sayangnya, ketika makin ke hulu ia diserang oleh penduduk setempat dan berakhir menjadi santapan di meja makan.Selang beberapa tahun kemudian, ekspedisi de Solis dilanjutkan oleh adik iparnya yang bernama Francesco de Torres. Berbeda dengan sang kakak, ketika tiba tempat yang sama ia justru diberi oleh-oleh sebuah benda yang terbuat dari perak.

Legenda ini pun jadi buah bibir banyak orang. Hingga akhirnya perjalanan berikutnya pun dilakukan oleh pria pelaut bernama Sebastian Cabot. Pria ini ingin membuktikan apakah tempat tersebut memang punya sebuah gunung perak seperti kabar yang didengarnya. Perjalanan tersebut pun akhirnya tidak membuahkan apa-apa. Namun orang-orang tetap menyebut tanah tempat de Solis dibantai dan de Torres mendapatkan banyak perak dengan nama Tierra Argentina atau Tanah Perak.

Moldova

Bendera Moldova (Officeholidays)
Bendera Moldova (Officeholidays)

Berbeda dengan deretan negara di atas, nama Moldova ini diilhami dari sebuah nama anjing. Kisahnya dimulai ketika seorang Pangeran Romawi bernama Dragos tengah dalam perburuan sebuah bison besar. Sudah berhari-hari si pangeran ini tidak berhasil mendapatkan buruannya tersebut. Ia pun mengerahkan banyak sekali anjing namun sayang sekali mereka semua mati dan si bison buruan tetap gagal dicari.

Akhirnya, sang pangeran melepaskan satu-satunya anjing favoritnya bernama Molda untuk melanjutkan pencarian. Molda berhasil menemukan si bison buruan namun sayangnya sudah dalam kondisi kaku alias mati. Si anjing tersebut pun mati tak lama setelah itu. Pangeran pun sedih luar biasa.

Akhirnya, untuk mengenang anjingnya yang setia itu, sang pangeran pun memberikan nama untuk tanah yang diinjaknya saat itu dengan nama Molda. Akhirnya nama ini pun mengalami sedikit perubahan dan akhirnya lebih dikenal dengan Moldova. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Melisa Onibala, PNS Cantik Manado yang Jadi Berita

Mengenal Konsep Breaking The Fourth Wall dalam Film