Kerja (thestraussgroup.netdna-ssl.com)

Menjadi mahasiswa membuat kamu harus memaksimalkan waktu yang kamu punya sebaik-baiknya. Kenapa? Karena saat kamu sedang menjadi mahasiswa, kamu sedang masuk di usia yang produktif sehingga sayang banget kalau waktu luang yang kamu miliki terbuang begitu saja. Selain aktif di beberapa kegiatan kampus, tak ada salahnya jika kamu bekerja sambilan untuk menambah pengalaman serta uang jajan kamu. Tak perlu takut mengganggu waktu kuliah karena kamu bisa memilih beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakoni sambil kuliah kok JBers. Tertarik untuk bekerja sambilan? Ini lima pekerjaan sambilan yang bisa kamu pertimbangkan!

1Copywriter dan Freelance Writer

Freelance Writer (blog.angpao.id)

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat banyak media yang bisa diakses secara online. Pekerjaan yang berkaitan dengan dunia penulisan pun kecipratan enaknya termasuk copywriter dan freelance writer. Dua pekerjaan ini memang paling banyak lowongannya sehingga kamu tak perlu khawatir kesulitan mencari peluang pekerjaan sambilan. Cukup dengan berbekal laptop, akses internet, serta ide-ide kreatif, kamu bisa menyalurkan hobi menulismu sekaligus mendapat uang tambahan.

2Translator dan Intrepreter

Translator (click4skill.hu)

Pekerjaan di bidang bahasa memang tak ada matinya JBers. Buat kamu yang menguasai bahasa asing, jangan sia-siakan kemampuan kamu tersebut. Pekerjaan translator sangat luas loh, mulai dari translator buku asing, translator film, hingga translator berita media online. Profesi ini bisa melatih kamu agar semakin lancar menguasai bahasa asing. Jika kamu bisa lebih dari dua atau tiga bahasa, kamu bisa melamar menjadi intrepreter yang jadi pekerjaan bergengsi karena pendapatan yang akan kamu dapatkan tak sedikit loh jumlahnya. Untuk menjadi intrepreter, selain kemampuan bahasa asing, kamu juga harus memiliki skill komunikasi yang baik ya JBers.

3Liaison Officer

Liaison Officer (melaniesubono.blogspot.com)

LO atau Liaison Officer merupakan penengah alias penghubung antara promotor, media, dan juga manajemen tertentu. LO ini sangat berperan penting dalam sebuah EO alias event organizer. Berhubung LO jam kerjanya lebih banyak saat weekend, maka para pekerja LO kebanyakan adalah pekerja sambilan alias freelancer. Skill yang kamu butuhkan untuk menjadi LO pastinya adalah skill bahasa asing dan juga skill berkomunikasi ya JBers karena kamu akan bertemu dengan banyak orang sehingga bisa memperluas jaringan kamu.

4Design Grafis

Design Grafis (ideaintegral.es)

Pekerjaan sambilan sebagai design grafis tak menuntut kamu untuk datang ke kantor karena di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa mengerjakan pekerjaan kamu di mana saja dan kapan saja sesuai dengan waktu luang kamu. Sekarang sudah banyak startup media online hingga industri kreatif lainnya yang membutuhkan banyak design grafis freelance. Dengan menjadi design grafis freelance, kamu bsia menyalurkan kemampuan dan hobi kamu sekaligus, juga menambah portolio kamu.

5Wartawan

Wartawan Lepas (ayobuka.com)

Jika dulu media hanya ada media cetak dan media televisi, sekarang sudah ada media online JBers sehingga peluang pekerjaan sebagai wartawan semakin besar. Siapa bilang mahasiswa tak bisa menjadi wartawan? Sekarang sudah banyak media online yang mempekerjakan mahasiswa sebagai wartawan lepas alias wartawan freelance. Kamu tinggal melamar sesuai dengan bidang yang kamu minati seperti kuliner atau wisata. Sambil bekerja, kamu juga bisa refreshing khan?

Bagaimana JBers? Apa kamu tertarik untuk melamar salah satu pekerjaan di atas? Semoga berhasil ya! (jow)