Arung Jeram (3glav.com)

Arung jeram atau rafting merupakan salah satu olahraga air yang sangat menantang. Meski tergolong dalam olahraga air yang cukup ekstrem, arung jeram ini banyak peminatnya loh JBers. Aktivitas menyusuri sungai yang jeram dengan menggunakan perahu karet ini bisa menguras fisik dan tenaga karena kamu diharuskan untuk mendayung dan mengatur laju perahu agar bisa lancar hingga ke titik finish. Meski melelahkan, tapi hal tersebut justru menjadi tantangan tersendiri buat pecinta arung jeram. Semakin deras arus dan semakin sulit medan yang mereka lalui, maka kegiatan arung jeram akan semakin seru karena bisa memacu adrenalin. Buat kamu yang ingin mencoba mencoba kegiatan arung jeram ini, kamu bisa menyimak beberapa tips yang harus kamu perhatikan untuk bermain arung jeram bagi pemula. Simak baik-baik ya JBers!

1Tentukan Sungai dan Cari Info

Sungai yang dilalui (arungjerammagelang.net)

Namanya juga arung jeram, sudah pasti kamu harus menentukan terlebih dahulu ingin melakukan arung jeram di sungai mana. Cari tahu berapa panjang medan sungai yang akan kamu lalui, seberapa besar arus dan bebatuannya, dan ada berapa titik zona ekstremnya. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin sehingga bisa kamu pelajari. Buat para pemula, sungai dengan level tiga sangat cocok buat kamu. Sungai tingkat tiga ini memiliki lebar sungai yang cukup luas dengan arus yang cukup besar, beriak, dan banyak bebatuan besar sehingga cukup menantang bagi para pemula. Sungai Elo Magelang, sungai Cikaso Sukabumi, dan sungai Palayangan Bandung bisa kamu masukkan dalam daftar kamu karena termasuk dalam kategori tingkat tiga.

2Memilih Operator Handal

Operator Arung Jeram (komar.org)

Memilih operator handal adalah suatu kewajiban baik itu bagi pemula. Kamu bisa searching website yang menawarkan jasa operator arung jeram. Jangan lupa untuk melihat komentar alias testimoni para pengunjung yang sudah memakai jasa mereka. Agar lebih yakin lagi, kamu bisa bertanya pada komunitas-komunitas arung jeram dan meminta saran mereka yang sudah berpengalaman. Pilihan operator arung jeram yang profesional dan berkualitas memang biasanya mematok harga yang agak lumayan, tapi kamu bisa mendapat rasa aman yang sebanding kok JBers.

3Teliti dalam Memperhatikan Fasilitas

Peralatan arung jeram (banten-rafting.com)

Nah, biasanya hal-hal kecil seperti ini sering luput dari perhatian kamu. Cobalah untuk teliti dalam memperhatikan fasilitas yang disediakan mulai dari helm yang kamu gunakan apakah pas di kepalamu atau tidak, fungsi tali pengaman masih normal atau tidak, perahu, dayung, serta life jacket masih bagus atau tidak, semuanya harus kamu perhatikan ya JBers! Jika ada fasilitas yang cacat, rusak, atau tidak sesuai, kamu bisa langsung minta ganti.

4Makan Sebelum Bermain Arung Jeram dan Lakukan Pemanasan

Makan Sebelum Bermain Arung Jeram (www.komar.org)

Olahraga air ini akan menguras banyak tenaga kamu loh. Jadi, sebelum bermain arung jeram, kamu harus mengisi perut terlebih dahulu paling tidak 2-3 sebelumnya. Kenapa harus 2-3 jam sebelumnya? Kalau kamu makan kurang dari satu jam sebelumnya dijamin perut kamu akan mual. Bisa-bisa kamu muntah selama melakukan arung jeram. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan ringan selama 10-15 menit saja untuk melemaskan pergelangan kaki, tangan, dan leher sehingga tidak kaku.

5Pilih Pakaian yang Tepat

Jangan Memakai Kaos Putih (istockphoto.com)

Saat bermain arung jeram, tak semua pakaian bisa kamu kenakan. Hindari kaos atau celana berwarna putih, terutama bagi para cewek karena bentuk tubuhmu pasti akan terlihat saat baju kamu basah. Kenakan warna gelap dan juga pakaian yang tidak mudah menyerap air karena pakaian yang mudah menyerap air akan membuat pakaian kamu terasa berat. Dengan mengenakan pakaian yang tidak mudah menyerap air bisa menjaga suhu tubuh kamu agar tidak mudah kedinginan saat tubuh kamu basah.

Selain kelima tips di atas, kamu juga harus mendengarkan instruksi dan arahan dari pemandu. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu dan rileks serta nikmati keseruan bermain arung jeram ya JBers! Selamat berarung jeram ria! (jow)