5 Hal Unik Pada Penjual Durian Di Pinggir Jalan

5 Hal Unik Pada Penjual Durian Di Pinggir Jalan

773

Ketika musim buah durian tiba, banyak penjual durian yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Diantara mereka ada yang menggunakan kendaraan roda dua maupun empat untuk menjajakan dagangannya, ada juga yang di tepi trotoar. Banyak dari mereka yang merupakan penjual dadakan atau yang hanya menjual durian ketika musim durian tiba, sedangkan biasanya berprofesi lain.Ternyata banyak hal unik yang dilakukan penjual durian di pinggir jalan tersebut.

Hal unik tersebut terkadang menjadi daya tarik bagi para pembeli dan tentunya memiliki manfaat.

1) Tulisan harga

Memajang tulisan harga durian yang paling murah, misalnya ”5.000”, tulisan tersebut ditulis dengan ukuran angka yang besar supaya terlihat dari kejauhan. Tentunya ketika melihat tulisan harga durian yang murah, seseorang akan menjadi tertarik untuk berhenti dan membelinya.

2) Dipilah dan ditumpuk

Buah-buah durian dipilah-pilah berdasarkan harga maupun ukurannya dan ditumpuk-tumpuk dengan bagian tangkai diatas. Pemilahan buah durian ini supaya memudahkan baik pembeli maupun penjual untuk memilih buah durian yang diinginkan. Setelah dipilahkan buah kemudian ditumpuk dengan bagian tangkai diatas, ini supaya memudahkan ketika mengambil tanpa harus terkena durinya.

3) Digantung

Buah durian diikat dengan tali dan setelah itu buah durian digantung-gantungkan. Biasanya buah durian yang digantung memiliki ukuran besar dan bagus. Buah yang besar jika digantungkan dari kejauhan dan dari segala sisi akan terlihat, sehingga dapat menarik perhatian orang untuk membelinya.

4) Dibelah

Terkadang buah durian sedikit dibelah dibagian bawah supaya pembeli dapat melihat dan mencium baunya. Namun sebaliknya pada buah durian yang sudah terlalu lama justru diikat-ikat supaya tidak terbelah sampai terbuka, karena jika sampai terbuka bagian daging buahnya akan teroksidasi dan rasanya kurang enak.

5) Tangkai buah

Tangkai buah durian masih ada di buahnya, tidak seperti buah ukuran besar lainnya yang tangkai buahnya sudah dihilangkan misal: semangka, melon, maupun pepaya yang tangkai buahnya dihilangkan. Tentunya hal ini pada buah durian ada tujuannya yaitu untuk pegangan ketika membawa. Kalau membawa buah melon, semangka, maupun pepaya bisa langsung dipegang bagian buahnya. Bayangkan jika pada buah durian tangkai buahnya dihilangkan. Bagaimana kita memegang untuk membawanya? pasti akan sakit terkena durinya kan?.(jow)

Apa Komentarmu?

Danik Rahmawati
Sekilas tentang saya, saya lahir di Yogyakarta dan sekarang berprofesi sebagai mahasiswi di salah satu PTN di Yogyakarta