Melihat foto di atas, mungkin kamu menganggap kalau fotonya itu merupakan hasil foto dengan objek aslinya. Namun ternyata, objek yang ada di dalam foto itu bukanlah kamera atau mesin tik sungguhan, melainkan kamera dan mesin tik yang dibuat dari kertas.

Karya seni yang dibuat dari kertas itu dinamakan Paper Sculptor, dan dibuat oleh seniman asal Jepang Makiko Azakami. Karya seninya itu dibuat dengan memotong, melipat dan menempelkan kertas dengan presisi.

Makiko Azakami (Facebook)
Makiko Azakami (Facebook)

Melalu karyanya ini,  Azakami ini menantang keakraban kita dengan benda sehari-hari dan memperkenalkan perspektif baru dengan bermain dengan skala.

Salah satu karyanya adalah kamera yang terbuat dari kertas. Jika dilihat sekilas, mungkin tidak ada yang menyadari kalau kamera yang ada di dalam foto adalah kamera kertas, bukan sungguhan.

Karyanya yang lain adalah kalkulator. Karyanya yang satu ini dibuat sangat mirip seperti sungguhan, lengkap dengan tombol-tombol dan angka digital yang ada di layar kalkulatornya. Untuk bisa mengetahui benda ini terbuat dari kertas, kamu harus melihatnya dari jarak dekat.

Penasaran karya apa lagi yang berhasil dibuat oleh Makiko? Langsung saja lihat foto-foto berikut ini. (tom)