Apa yang Terjadi dalam Setiap Perjalanan Waktu?

Apa yang telah kita pikirkan 1 detik yang lalu? 1 menit yang lalu? 1 hari yang lalu? Atau 1 tahun yang lalu? Hmm, mungkin yang ada di benak kita, â??Saya sudah melakukan ini dan ituâ? (update status kah, sedang mencari sisa-sisa uang di kantong celana/buku kah atau telah membuat taman idaman walaupun masih dalam terarium), tapi apakah ada yang mencoba berpikir seperti ini, â??Apa yang dilakukan orang-orang yang terkena kanker serviks ya?â? Atau â??Bagaimana keadaan orang-orang yang baru saja mengalami kecelakaan yang makin sering terjadi di jalan raya?â? Kesadaran seperti inilah yang dibutuhkan bangsa kita agar dapat mengurangi fakta-fakta di berbagai aspek kehidupan seperti di bawah ini.

1. Kesehatan

Berdasarkan data International Union Against Tuberculosis and Lung Disease (IUATLD) tidak kurang dari satu miliar warga dunia merupakan perokok aktif, yang menyumbang angka kematian sebanyak 5 juta orang pertahun. Sedikitnya 500 ribu warga Indonesia meninggal setiap tahun akibat rokok. (Koran tempo, 25/01/2011)

Data dari Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Bali yang dihimpun di Dinas Kesehatan Provinsi Bali sampai bulan November 2011 terdapat sekitar 5.222 orang pengidap HIV/AIDS. Serangan penyakit HIV/AIDS di Pulau Bali rata-rata 30 orang setiap bulannya. (okezone.com, 24/12/2011)

Studi yang diungkapkan organisasi Female Cancer Program (FCP), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyatakan setiap satu jam satu perempuan Indonesia meninggal karena kanker serviks atau kanker mulut rahim. (tempo.co, 22/12/2011)

Satu ibu hamil atau melahirkan meninggal setiap menit. Dari sekitar 500 ribu kasus kematian ibu melahirkan setiap tahun, mayoritas terjadi di negara berkembang.  Di Asia dari 65 ibu melahirkan satu diantaranya meninggal. (vhrmedia.com, 08/03/2010)

2. Sosial

Kecelakaan di Jawa Barat mencapai 7.955 kasus atau satu kejadian tiap satu jam. Korban meninggal mencapai 3.199 jiwa atau satu jiwa per tiga jam. Jumlah kasus kecelakaan berbanding lurus dengan peningkatan pelanggaran lalu lintas. (okezone.com, 29/12/2011)

Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mencatat, dalam kurun waktu 13 tahun terakhir hingga 2011, kasus kekerasan seksual berjumlah hampir seperempat dari total kasus kekerasan di Indonesia. Setiap hari ada 20 perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual. (Liputan6.com, 24/11/2011)

Menurut data Kepo­lisian Metro Jaya 2010, di DKI Jakarta setidaknya 55.006 kasus kejahatan dilaporkan, 150 terjadi kejahatan setiap hari atau setiap 9 menit 56 detik. Hal ini dapat disebabkan tekanan-teka­nan yang dialami para pelaku akibat depresi dan menempuh jalan negatif sebagai solusinya. Lebih dari 40 persen masya­rakat mengalami depresi. (rakyatmerdekaonline.com, 26/10/2011)

3. Lingkungan

Sebuah survei dari The Nature Conservancy serta 19 organisasi swasta lain di tahun 2008-2009, penduduk yang tinggal di Kalimantan membunuh sedikitnya 750 ekor orangutan dalam setahun, spesies hewan yang terancam punah. (Liputan6.com, 17/11/2011)

Data dari rRevisi PHVA tahun 2004 terjadi penyusutan dan kerusakan kawasan hutan yang telah menurunkan jumlah populasi orangutan di Kalimantan sebesar 1,5 hingga 2 persen pertahun. Hal lain yang juga memicu turunnya populasi orangutan adalah perburuan dan perdagangan satwa liar. (rendraarea.blogspot.com, 01/2011)

Setiap tahun aceh kehilangan 23.124 hektar, laju kerusakan hutan di Aceh sekitar 2006-2010 meningkat dibandingkan pada masa sebelumnya, yaitu dari 20.100 hektar menjadi 23.124,41 hektar per tahun. Peningkatan laju kerusakan ini umumnya disebabkan maraknya pemberian izin alih fungsi hutan untuk pertambangan dan perkebunan monokultur. (kompas.com, 02/01/2011)

4. Teknologi

Dalam satu menit tercatat 510 ribu komentar, 293 ribu status, dan 136 ribu foto diunggah ke jejaring sosial facebook. Sementara itu di Twitter 120 ribu tweet baru dan 1.475 foto muncul tiap satu menit. Dari tumblr diketahui bahwa dalam satu menit ada 1.080 postingan baru dan 300 reblog. Untuk Foursquare, terdapat 2.083 check-in tiap menitnya. Di Youtube, video dengan total durasi 48 jam diunggah ke situs ini setiap menitnya. (tempo.co, 10/10/2011)

Situs jejaring sosial Facebook telah mengungkapkan bahwa mereka harus melawan serangan sekitar 600.000 dari hacker setiap hari. Para Hacker biasanya menggunakan situs-situs besar untuk digunakan mencuri informasi, seperti informasi alamat email dan nomor telepon, dan juga dengan menggunakan virus. Pada umumnya hacker bertujuan untuk menwarkan barang palsu atau mengirim pesan berbahaya.  (binhakim.com, 01/2012)

Laju trafik pengunduhan musik ilegal oleh pengguna internet Indonesia bisa mencapai 6000 unduhan per menit. Bila dihitung-hitung, tidak kurang dari 250 juta musik bajakan diunduh oleh pengguna internet Indonesia setiap bulan. Akibatnya, potensi kerugian yang sangat besar terjadi di industri musik. Tidak kurang dari 12 triliun melayang setiap tahun. Selain itu, antara 60-80 persen trafik internet Indonesia digunakan untuk mengunduh konten negatif, termasuk pornografi maupun warez activity. (vivanews.com, 14/12/2011)

Masih banyak fakta-fakta lain yang lebih mencengangkan, dan tentu patut kita jadikan renungan akan berharganya setiap detik yang kita lewati. Ketika setiap detik orang-orang di luar sana mengalami segala macam hal yang sangat memilukan atau melakukan tindakan yang salah, akankah kita ingin seperti mereka? Membuang momentum sia-sia, entah karena sakit, bersenang-senang, atau membuat kerusakan. Waktu tak akan berulang untuk kedua kalinya! Tidak pantaskah kita menggunakan waktu sebaik-baiknya ketika masih di masa muda atau dalam keadaan segar bugar?

Waktu Anda untuk apa, masa muda Anda dihabiskan kemana, harta Anda darimana didapat dan Anda gunakan untuk apa, dan ilmu Anda dikemanakan? Sudah bijakkah kita menggunakan setiap 1 detik yang kita miliki untuk hal yang bermanfaat?

Pikiran dan tindakan yang kita lakukan semoga mampu membawa kebahagiaan bagi orang-orang di sekitar kita. Jika saya menjadi motivator di hadapan Anda sekarang, mungkin yang akan saya katakan, â??Apakah yang dilakukan satu orang mampu membuat perubahan? Dan tentu jawabannya dapat, karena Anda salah satu orangnya!â?

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Ada Tiga Sifat Matematika

3 Hal Tentang Tour Guide